Ultimate magazine theme for WordPress.

Pak De Ungkap Alasan Millenial Enggan Geluti Pertanian

0 51
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS, PANGKALAN BUN – Anggota DPR RI dapil Kalimantan Tengah Bambang Purwanto, menemukan data Badan Pusat Statistik, terjadi migrasi tenaga kerja yang terus meningkat dari sektor pertanian.

“Migrasi tenga kerja Itu terjadi semakin besar. Kenapa, karena ada perubahan pendapatan riil, itu sampai ratusan persen pendapatan orang yang pindah dari pertanian,” kata Pak De Sebutan Bambang Purwanto ini, Sabtu (1/5/2021).

Pak De juga menambahkan, meski di pedesaan terdapat milenial yang bekerja di sektor pertanian, namun trennya menurun. Kenaikan justru meningkat pada industri dan perdagangan. “Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan terhadap uang semakin meningkat. Generasi milenial saat ini cenderung mau rebahan aja tapi punya duit banyak,” jelas dia.

Iklan Ramadan BPN
Iklan Travel

Kebetulan saya dari Komisi IV, saya sudah menggalakkan kepada petani petani milenial sekarang tidak perlu cangkul pakai alsintan jadi lebih efisien. “Kalau anak muda sekarang disuruh pakai cangkul pasti nggak mau,” kata Bambang Purwanto.

Lanjut Bambang Purwanto, tapi sekarang sudah mulai mekanisasi pertanian, tapi di Kapuas, Palangka Raya sudah mulai pertanian. “Di Palangkaraya kemarin panen perdana hasilnya juga luar biasa,” ucapnya.

“Karena negara kita negara agraris, maka kita jangan pernah meninggalkan pertanian, yang mungkin tahun ini ada banyak alsintan semoga bisa membantu pemerintah daerah, dan pesan saya untuk anak-anak muda harus dipersiapkan secara mental”, terang Bambang Purwanto.

Sementara itu, Pak De menjelaskan bahwa upah petani lebih rendah dari upah buruh dan asisten rumah tangga (art). “Ini salah satu faktor kenapa milenial malas masuk sektor pertanian,” pungkasnya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.