Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

Hari Pertama Larangan Mudik, Bandara Iskandar Pangkalan Bun Lengang

0 222

INTIMNEWS, PANGKALAN BUN – Hari pertama pelarangan mudik Lebaran 2021, suasana di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat terlihat sepi atau lengang, 6 Mei 2021.

Suasana bandara Iskandar Pangkalan Bun yang biasanya dipadati penumpang, saat ini terlihat kosong melompong lantaran peniadaan mudik hari pertama disertai larangan operasional moda transportasi selama 6 – 17 Mei 2021.

“Berbeda dari kemarin Rabu 5 Mei 2021, pada hari ini lalu lintas pesawat, maskapai hanya memberangkatkan 6.500 penumpang berangkat dari Bandara Iskandar,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber, Kamis (6/5/2021).

Kemudian, untuk kedatangan penumpang dalam kurun waktu yang disebutkan tadi sekitar 3.060 orang. Artinya aturan Gubernur Kalteng yang mewajibkan persyaratan RT-PCR pada penumpang yang masuk je Kalteng cukup efektif menekan sekitar 50% jumlah penumpang yang masuk ke Kalteng untuk mencegah potensi penyebaran covid-19 di Kalteng.

Walau demikian, Zuber mengatakan, penerbangan angkutan kargo atau kondisi penerbangab darurat contohnya untuk mengangkut orang sakit masih diperbolehkan dengan persyaratan tertentu.

“Untuk penerbangan khusus itu wajib mengajukan slot kedatangan pada pengelola Bandara 2 atau 3 hari sebelum adanya kedatangan. Namun hingga saat ini masih belum ada yang mengajukan slot kedatangan tersebut,” kata Zuber.

Iklan Duka Cita

Suasana sepi terlihat dari pelataran Bandara, di mana di Bandara ini maskapai penerbangan domestik melayani penumpang. “Berbeda dengan hari sebelumnya atau H-1 pelarangan mudik Lebaran, ribuan calon penumpang terlihat antre di Bandara,” imbuh Zuber. (Yus)

Leave A Reply

Your email address will not be published.