Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Wujudkan Masa Depan Kota Kumai, Nurhidayah: Butuh Sinergitas

0 56
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Rencana tata ruang penataan berbasis RDTR diharapkan terwujud agar pembangunan berkelanjutan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Proyeksi bertujua mempercepat realisasi kota Kumai.

“Rencana pembangunan dan rencana spasial yang disusun itu harus bersinergi. Masih perlu upaya di berbagai lini untuk menyikronkan dengan rencana tata ruangnya”, ucap Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, Sabtu (5/12/2020).

Lebih lanjut Nurhidayah mengatakan, penetapan perda diharapkan ada perubahan terobosan dalam segi percepatan waktu dan kualitas. Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian ATR/BPN yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan persetujuan substansi.

Bupati menuturkan bahwa RDTR harus dapat diselesaikan dengan berbagai strategi. Khususnya dalam penyelesaian pendampingan dalam persetujuan substansi dan pembahasan di lintas sektor Kementerian/Lembaga.

Pemerintah Kobar telah menggelar FGD penyampaian delineasi lokasi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Kecamatan Kumai, yang diparakarsai oleh Dinas PUPR Kotawaringin Barat. Ia mengatakan bahwa RDTR ini cukup penting, mengingat perkembangan kota Kumai yang merupakan salah satu pintu gerbang untuk Kalimantan Tengah.

“Dengan ditetapkannya kawasan industri di Natai Peramuan, Tanjung Kalap, Surya Borneo dan Kawasan Ekonomi khusus Sebuai, yang semuanya berada di Kecamatan Kumai tentunya akan membawa perubahan pada perkembangan kota Kumai,” jelasnya.

“Pada intinya RDTR ini sangat penting dan kami sangat mendukung, kita semua berharap agar dokumen yang disusun ini, nantinya dapat membawa kemanfaatan pengembangan infrastruktur, serta membawa dampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kobar,” terangnya.

Infrastruktur tersebut seperti jalan di dalam kawasan dan di luar kawasan industri, pembangunan pelabuhan laut dalam dan pembangunan bandara baru yang semuanya ini sudah direncanakan dan sudah disiapkan arahannya. Semua ini akan terealisasi apabila mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

“Ke depan, kota Kumai pasti akan berkembang sangat cepat, namun apabila tidak direncanakan dan dikendalikan dengan baik maka akan menjadi kota yang kumuh, dengan adanya program – program strategis nasional yang ada di Kobar, seperti kawasan strategis pariwisata nasional, kawasan prioritas pedesaan nasional dan lainnya, maka Kobar sangat memerlukan infrastruktur yang berskala nasional bahkan internasional”, pungkasnya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.