Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

Wabup Ahmadi Sebut Budidaya Semangka Menjanjikan, tak Kalah dari Sawit

0 67
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Keuntungan ekonomi menjadi alasan petani dalam melakukan budidaya semangka. Secara perhitungan matematis, budidaya semangka memang menjanjikan keuntungan besar.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah, kemarin. Ia mengatakan waktu tanam hingga masa panen semangka tidak terlalu lama, hanya sekitar 60 hari.

“Ke depan kebun semangka bisa menjadi terobosan baru untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ujar Ahamdi.

Iklan Tengah Berita KPU

Buktinya, di Desa Sidomulya Kecamatan Pangkalan Banteng saat ini sedang panen raya buah semangka. Rata-rata, petani dapat memanen sekitar 30 ton per hektar.

Menurut Ahmadi, jika dilihat dari perhitungan tersebut, menanam semangka masih sangat menguntungkan. Hanya saja, kata dia, semangka tidak dapat ditanam sepanjang tahun.

Bertani kebun buah semangka juga sangat menjanjikan karena usia panennya pendek. Jadi keuntungannya tidak kalah dengan berkebun sawit.

“Tadi laporan dari petani buah semangka langsung di kirim ke Kalimantan Barat. Jadi pada intinya kalau kebun semangka bisa dikelola dengan baik dan ke depanya kalau kebun buah semangka semakin berkembang, bisa pula dijadikan ‘Agro Wisata’, dan lain-lainnya. Karena potensi lahan di Kabupaten Kobar sangat luar biasa.

Dijelaskan Ahmadi Riansyah, kunjungannya ke Kecamatan Pangkalan Banteng, bersama rombongan DPRD dalam rangka audensi bersama masyarakat desa. Sekaligus, mengevaluasi hasil pembangunan yang selama ini telah dilaksanakan di beberapa desa di Kecamatan Pangkalan Banteng.

“Alhamdullilah, kita bersyukur, disaat pandemi Covid-19 masyarakat petani masih bisa berusaha untuk memproduksi hasil kebunnya. Jadi harapan kita semua masyarakat petani lainnya juga harus bisa mencari komoditi pertanian atau kebun lainnya, karena potensi di Kobar ini sangat luar biasa, pungkasnya. (Yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.