Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Tok! APBD Sulsel Rp 10 Triliun

0 44
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, MAKASSAR – APBD 2021 Sulawesi Selatan disahkan, Jumat (27/11/2020). Dalam rapat paripurna di gedung DPRD, APBD 2021 ditetapkan sebesar Rp 10 triliun.

APBD 2021 terjadi defisit Rp 1 triliun. Jumlah penerimaan pembiayaan sebesar Rp 1 triliun lebih, pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 151 miliar dan pembiayaan netto atau yang sudah direncanakan sebesar Rp 1 triliun.

Wakil tim kerja Banggar DPRD Sulsel, Fachruddin Rangga, dalam laporannya memberikan beberapa saran dan pendapat kepada Pemprov Sulsel, terkait dengan APBD 2021. Menuru Rangga, program prioritas pembangunan tahun 2021 harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dengan tetap memperhatikan program prioritas dan strategis Pemerintah Sulsel

“Serta program sinergitas yang ada pada revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, dan menyesuaikan pagu anggaran terhadap masing-masing OPD,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa, adanya kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak hadir dan mengabaikan pembahasan APBD TA 2021, diharapkan menjadi perhatian Gubernur terhadap OPD tersebut.

“Kemudian, data-data terkait angka-angka dalam pembahasan di Komisi diharapkan agar TAPD lebih cermat memperhatikan koneksitasnya dengan OPD, sehingga kolaborasi sinergitas kegiatan betul-betul terorganisir dan berjalan secara baik,” ujar Rangga.

Selain itu, ia berharap, pemanfaatan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) oleh Pemprov Sulsel, agar implementasi kebijakan keuangan daerah dapat menyentuh kehidupan masyarakat kecil yang terdampak Covid-19.

“Guna menghidupkan stimulus ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (sak)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.