Ultimate magazine theme for WordPress.
Satpol PP

Sugianto Sabran: Food Estate Jadi Solusi Pengangguran Paling Masuk Akal

0 63
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Kesempatan masyarakat Indonesia untuk bekerja di Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadi salah satu isu yang cukup mencuat di Pilgub Kalteng 2020. Dari semua Paslon, ternyata, hanya Sugianto Sabran dan Edy Prastowo yang serius mengatasi persoalan lapangan kerja 5 tahun mendatang, Senin (9/11/2020).

Pasangan nomor urut 02 sudah menyusun program kerja diwujudkan jika kelak melanjutkan lagi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng. Dalam program tersebut diperkirakan bisa menyerap lapangan kerja lebih dari ribuan bahkan jutaan tenaga kerja.

Food Estate diprediksi menyerap tenaga kerja adalah sektor pertanian yang menjadi sumbu ekonomi Kalteng. Program Food Estate adalah salah satu program unggulan nasional yang dia usulkan kepada Presiden Jokowi pada 2017 lalu.

Iklan Tengah Berita KPU

Sugianto mengatakan, dirinya mengusulkan Kalteng sebagai lokasi Food Estate lantaran wilayahnya memiliki lahan produktif yang sangat luas sementara jumlah penduduk masih sedikit. Dia optimistis, program strategis nasional ini akan membawa dampak positif bagi Kalteng di masa yang akan datang.

“Food Estate akan membawa Kalimantan Tengah semakin berkah. Infrastruktur jalan raya, bandara, pelabuhan akan terkoneksi. Program ini juga akan membuka jutaan lapangan kerja, perekonomian akan meningkat,” kata Sugianto.

“Program ini akan berhasil jika semua pihak bisa bekerjasama dan harmonis, program Food Estate adalah salah satu terobosan untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat Kalteng. 80 persen masyarakat Kalteng bekerja di sektor pertanian, program ketahanan pangan nasional yang mendapatkan respon dari pemerintah pusat ini solusi,” katanya lagi.

Melalui program ini, kata Sugianto, seluruh Kabupaten Kota di Kalteng akan terintegrasi dengan keunggulan prouk pertanian di masing-masing wilayah. “Ini adalah program yang masuk akal,” ucap Sugianto Sabran, saat diwawancarai awak media di Kediamannya.

Lanjut Sugainto Sabran, sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan nasional dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020), lalu.

Sebagai informasi, lumbung pangan baru di Kabupaten Kapuas direncanakan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektare. Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektare.

Secara keseluruhan, terdapat kurang lebih 165.000 hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional tersebut. “Saat ini lahan seluas 85.500 hektare dari jumlah keseluruhan itu merupakan lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya, inilah program yang akan kita jalankan, kalau ini amanah untuk dilanjutkan insyaallah Kalteng semakin berkah,” pungkasnya. (yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.