Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

Sugianto Positif Corona, KPU: Debat Tetap Digelar Sesuai Jadwal

0 271
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng tetap akan menggelar debat putaran kedua meski tak dihadiri calon gubernur Sugianto Sabran. Sugianto dipastikan absen karena harus menjalani karantina setelah dinyatakan positif Corona.

“Debat publik Pilkada Kalimantan Tengah (Kalteng) tetap berjalan sesuai rencana. Tidak ada perubahan jadwal,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar), Chaidir, Kamis (19/11/2020).

Debat akan dilaksanakan Kamis 19 November 2020, pukul 19.30 WIB. Jadwal ini tetap merujuk pada ketetapan KPU Kalteng.

Iklan Tengah Berita KPU

Saat ditanya, apakah Paslon Gubernur Kalteng nomor urut 02 akan mengikuti debat secara virtual, Chaidir kembali menegaskan, bahwa hal tersebut tidak ada dalam aturan PKPU.

Menurutnya, pada dasarnya debat tetap berjalan. Di dalam Peraturan KPU (PKPU) kalau memang ada yang berhalangan harus menyampaikan surat keterangan. Dan hingga saat ini belum ada konfirmasi mengenai absennya salah satu kandidat.

“Dalam ketentuan PKPU tidak ada virtual, yang pasti debat tetap berjalan sebagaimana yang telah dijadwalkan, bisa juga nanti lewat daring atau seperti apa kita juga belum ada penjelasan lebih konkret lagi” jelas Chaidir.

Berdasarkan surat resmi dari Tim pasangan calon nomor urut 2 , Nomor 139 /Timkam SS-EP /KTG/XI/2020 perihal berhalangan mengikuti debat , disampaikan bahwa calon Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran tidak dapat mengikuti debat publik kedua karena positif Covid 19.

Lanjut Chaidir, bahwa surat ini juga dilampiri surat dari RSUD Doris Sylvanus terkait laporan hasil pemeriksaan laboratorium sampel Covid 19 atas nama Sugianto Sabran. Dan berdasarkan Peraturan KPU RI no 11 tahun 2020 tentang kampanye pasal 22 ayat 4 pasangan calon yang tidak mengikuti debat publik atau debat terbuka karena alasan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

“Dan pada dasarnya debat tetap dilaksanakan sesuai jadwal,” pungkas Chaidir. (Yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.