Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Sering Dicatut Penipuan di Kobar, ini Respons Bea Cukai

0 43
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Penipuan yang mencatut Bea Cukai kembali marak terjadi belakangan di Kotawaringin Barat (Kobar). Terakhir, tiga warga melapor menjadi korban penipuan.

Modus yang paling sering terjadi antara lain seperti lelang barang dengan harga murah, penjualan online, meminta pembayaran pajak via chat pribadi dengan mengatasnamakan pegawai Bea Cukai, hingga modus penipuan berkedok barang kiriman dari luar negeri.

Kasi Penyuluhan Bea Cukai Pangkalan Bun Yuli Wijayanto, mengakatan adapun korban yang diincar oleh pelaku penipuan sangat beragam. Mulai dari kalangan orang tua, pelajar dan mahasiswa, masyarakat awam, pejabat bahkan public figure. Para pelaku beraksi via medsos.

Menurut Yuli Wijayanto, setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan mengatasnamakan Bea Cukai. Pertama adalah dengan menahami bahwa pembayaran bea masuk dan pajak impor langsung ke rekening penerimaan negara menggunakan dokumen.

Kedua adalah dengan memanfaatkan laman pengecekan di www.beacukai.go.id/barangkiriman, dan yang terakhir jangan ragu untuk melaporkan ke Bea Cukai apabila dihubungi oleh oknum yang mengaku sebagai petugas Bea Cukai, kata Yuli Wijayanto.

“Mengenai Bea cukai melalui www.beacukai.go.id/dan/atau menghubungi conter center BravoBea cukai di nomor telepon 1500225” jelasnya.

Apakah ada informasi selain yang dapat kami ketahui agar lebih hati-hati, ada berapa hal yang perlu diketahui tentang pengenaan bea masuk/pajak terhadap barang kiriman dari luar negeri. Misalkan pejabat Bea cukai tidak secara aktif menghubungi wajib bayar melalui telepon untuk menginformasikan jumlah bea masuk dan pajak dalam rangka impor yang harus dibayar.

“Saat ini sudah ada tiga warga Kotawaringin Barat yang sudah melaporkan bahkan yang terakhir ada ibu-ibu yang melaporkan telah ketipu puluhan juta,” kata Yuli Wijayanto. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.