Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Sekda Sebut Perempuan Kalteng Punya Peran Dalam Pembangunan

0 72
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Sebagai bangsa yang besar, di setiap tanggal 21 April yang diperingati sebagai Hari Kartini, tentunya dapat menjadi momentum untuk mengedepankan dan menjamin keberlangsungan upaya kesetaraan gender dalam semua aspek kehidupan bangsa ini.

“Ibu kita Kartini, bersama dengan pahlawan­-pahlawan dan tokoh­-tokoh perempuan bangsa kita, telah berjuang merintis dan mendorong semangat kesetaraan bagi semua orang,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri dalam sambutannya saat membuka acara Webinar “Peringatan Hari Kartini ke 142 Provinsi Kalteng” yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, komplek kantor Gubernur setempat pada Kamis (29/4/2021).

Dia menambahkan bahwa dengan begitu beraninya gagasan­ gagasan kesetaraan tersebut ada sehingga pada masa itu. Gerakan tersebut secara nyata mendorong gerakan antikolonialisme dan penjajahan, sehingga turut berperan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa kita dari kungkungan penjajah.

Iklan Ramadan BPN
Iklan Travel

Lanjutnya bahwa perempuan­-perempuan Kalteng, di saat mereka diberi kesempatan yang sama dalam berbagai hal, mereka mampu membuktikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan Kalteng juga bisa berperan secara signifikan dalam pembangunan.

Kedepannya ada beberapa tantangan khususnya dalam konteks perlindungan perempuan dan anak di Provinsi Kalteng. Salah satunya adalah masih tingginya angka perkawinan anak usia dini serta kekerasan pada perempuan dan anak.

“Tentunya berbagai upaya telah dilakukan, dengan mengedepankan edukasi dan pencegahan sekaligus menjamin ketersediaan penanganan dan rehabilitatif,” tegas Sekda.

Adapun kegiatan webinar tersebut menghadirkan narasumber diantaranya Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA RI Prof. dr. Vennetia R. Danes, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran dan Wakapolda Kalteng sekaligus sebagai Ketua Konferensi Polwan Sedunia, Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.