Ultimate magazine theme for WordPress.

Sandi Dapat PR Berat dari Jokowi, Diminta Tuntas Setahun

0 76
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menerima tugas berat dari Presiden Jokowi untuk menuntaskan prioritas pengembangan pariwisata. Kalangan pengusaha menilai tugas ini bakal tidak mudah bagi Sandi.

“Sandi bisa kerja dengan cepat. Tapi kalau setahun saya kira terlalu pendek. Karena persoalan pariwisata dan ekonomi kreatif sangat kompleks sekarang setelah pandemi,” ujar Uun Martadi, pelaku usaha kecil dan kreatif, Kamis (24/12/2020).

Menurut Uun, ekspektasi kepada Sandi tak boleh berlebihan. Sandi butuh masa adaptasi dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif. Adaptasinya lebih pada perspektif anggaran, program dan kesiapan menghadapi kenormalan baru.

“Kendalanya terdapat dari banyak sisi. Anggaran siap belum tentu semua bisa jalan sesuai target. Karena anggaran bukan farameter satu-satunya. Program dan situasi pandemi kita belum menentu,” paparnya.

Karena itu kata Uun, target waktu tidak mungkin dijadikan ukuran. Farameternya seharusnya adalah program dan progresnya.

Yang paling penting kata Uun, program sejalan dengan market. Dan bisa terlihat progres dalam kurun waktu tertentu sehingga tidak perlu ada masa penekanan terhadap program tersebut.

Sandi usai menerima tugas dari Jokowi mengungkapkan, ia diberi waktu setahun menyelesaikan 5 prioritas destinasi di Tanah Air.

Seperti diketahui 5 destinasi super prioritas yang tengah dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dan Likupang.

Ia menjelaskan, perkembangan pembangunan destinasi super prioritas itu tak cuma dilihat dari segi infrastruktur tetapi hal-hal mendetail lainnya.

“Saya dikasi waktu yang singkat 1 tahun untuk beliau (Presiden) bisa melihat kesiapan destinasi super prioritas yang 5 tapi dari aspek 360 derajat. Bukan hanya infrastruktur, tapi semua hal kecil dan pak presiden sangat detail. Bapak Presiden bilang tari-tariannya harus the best of the best, kostumnya, seni budayanya, talentanya, SDM-nya, pelayanannya dan lain sebagainya,” ujar Sandiaga dikutip detikcom.

Presiden Joko Widodo, dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno, juga meminta dirinya menyiapkan kalender kegiatan (calendar of event) pada setiap destinasi terutama destinasi lima super prioritas agar sektor pariwisata bukan hanya bertahan dan pulih.

“Calendar of event dari yang berskala kecil mingguan, juga bulanan dalam skala regional dan yang world class. Jadi itu semua perlu kolaborasi,” kata Sandiaga.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.