Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

Rumania akan Modifikasi Cuaca di Kalteng

11

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan upaya pembangunan daerah Kalteng terus dilakukan. Salah satunya mencoba akan melakukan kerjasama dengan Negara Rumania.

Pemerintah Provinsi Kalteng dengan Delegasi Rumania membicarakan tentang sejumlah komoditas yang dikembangkan di Bumi Tambun Bungai.

“Kami, sudah bertemu dan berkoordinasi diskusi. Dalam pertemuan tersebut kami juga menggali peluang agar bisa dikerjasamakan, seperti pertanian dan lainnya, hingga akhirnya bermuara pada kegiatan ekspor maupun impor,” kata Gubernur Sugianto, Kamis 3 Juni 2021, di kantor Pempriv Kalteng.

Gubernur Suginto melakukan pertemuan dengan Delegasi Rumania yang juga membahas tentang kerja sama terkait teknologi modifikasi cuaca untuk Food Estate, sehingga ada berbagai program tersusun dalam membangun Kalteng hingga Indonesia.

Sugianto menyebut, rencana teknologi modifikasi cuaca tersebut adalah untuk mendukung pengembangan food estate maupun nantinya antisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kita ada musim hujan, musim kemarau, ini bisa diatur dengan teknologi mereka. Dengan adanya teknologi ini diharapkan kita bisa mengantisipasi adanya kekeringan. Berbagai potensi program itu nantinya akan kita pelajari dan kolaborasikan dengan baik, terutama dalam membantu daerah Kalteng dan masyarakat,” sebutnya.

Iklan Duka Cita

Presiden Konfederasi Pekerja Rumania H.E. Tanasa Dumitru menyampaikan, pihaknya ingin mengembangkan hubungan ekonomi dan kerja sama antara Rumania dan Indonesia khususnya di wilayah Kalteng.

“Hal ini seiring dengan hubungan politik yang terjalin dengan baik sekali. Kami mengusahakan agar semua bidang dapat berkembang,” sebutnya.

Dumitru menjelaskan, banyak sektor yang dibahas bersama dan berpotensi untuk dikerjasamakan kedepannya.

“Yang penting sekali adalah tentang modifikasi cuaca, pengelolaan limbah dan pengelolaan air,” ucapnya.

Dumitru menuturkan, negaranya mengundang secara resmi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran agar dapat mengunjungi Rumania yang waktunya nanti akan ditetapkan bersama, untuk dikenalkan prospek pengembangan perekonomian, pemerintahan hingga studi banding lainya.

Sugianto menerima dengan baik undangan ke negara Rumania dan jajarannya akan melakukan rapat untuk menentukan jadwal keberangkatan, guna dapat pengalaman hingga studi banding mengenai prospek program pembangunan.

“Jajaran provinsi Kalteng mengucapkan terima kasih atas kedatangan Delegasi Rumania dan terlaksananya pertemuan di Kantor Gubernur Kalteng. Semoga langkah ini dapat berjalan dengan baik dan bagus,” sahut Sugianto.

Selain Dumitru, delegasi lainnya yang hadir yakni para Tim Ahli Perusahaan IAA, diantaranya Doeu Dorian Popescu, Eduard Popescu dan Razvan Mihilescu.

Turut mendampingi gubernur sejumlah kepala perangkat daerah, seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng Sunarti serta lainya.

Comments are closed.