Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

Rumah Betang di Ujung Pandaran Terancam Ambruk

0 120

SAMPIT – Rumah betang yang berada di objek wisata ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terancam ambruk. Penyebabnya, abrasi pantai yang terjadi di wilayah itu.

Pantauan Berita Sampit, sebelumnya jarak rumah betang dengan bibir pantai cukup jauh atau sekitar 20 meter dari bibir pantai. Kini, bibir pantai itu berada sangat dekat dengan tiang pancang rumah betang.

Untuk mencapai rumah betang akan terasa sulit terutama pada saat air pasang. Gelombang tinggi akan terlihat menari-menari menghempas ke bibir-bibir pantai.

Kepala Desa Ujung Pandaran Aswin Nur mengatakan, pemerintah daerah hendaknya secepatnya menindaklanjuti permasalahan abrasi karena sudah banyak fasilitas objek wisata banyak rusak berat.

“Ada beberapa fasilitas wisata rusak berat seperti, bundaran dan gazebo termasuk rumah betang terancam ambruk,” ucapnya kepada wartawan beritasampit.co.id, saat meninjau lokasi wisata, Selasa 10 Juni 2020 sore.

Dijelaskannya, Pemkab Kotim sebelumnya sudah melakukan upaya memasang sabuk pantai pemecah ombak. Namun, upaya antisipasi menahan abrasi itu tidak berfungsi dengan baik bahkan kini terlihat berserakan dibibir-bibir pantai dihantam gelombang.

Iklan Duka Cita

Selain itu, pemerintah desa juga sudah menginformasikan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim terkait beberapa fasilitas objek wisata sejak beberapa bulan banyak yang rusak berat.

“Harapan kami, jangan sampai rumah betang yang ada di objek wisata ujung pandaran ambruk,” pungkasnya.
(Arifin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.