Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Reses di Seruyan, Legislator Temukan Masayarakat Sulit Urus Sertipikat Tanah

0 100
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Dapil Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan, H Sudarsono baru-baru ini melakukan reses perseorangan ke Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan.

Dalam reses tersebut dia menemukan keluhan dari masyarakat yang tidak bisa membuat sertifikat tanah. Salah satunya ada lahan masyarakat yang berada di salah satu wilayah HGU (Hak Guna Usaha) milik perusahaan perkebunan dan sudah turun temurun masyarakat berada disitu.

“Ketika bikin kebun, lama-lama ketika mau Replanting oleh BPN tidak boleh dengan alasan karena masuk dalam HGU,” ucap legislator dari Partai Golkar tersebut pada Senin (12/4/2021).

Iklan Ramadan BPN

Dia menambahkan bahwa kalau ada kebun milik masyarakat dan hak masyarakat ada dalam HGU ini, mestinya dilakukan enclave ketika mereka tidak secara sukarela memberikan atau memperjualbelikan tanah tersebut pada HGU.

Iklan Travel

Adapun jika tanah tersebut sudah enclave maka kepemilikannya sudah sah milik masyarakat, namun yang menjadi masalah adalah ketika masyarakat ingin melakukan replanting kebun justru BPN yang mengatakan tidak boleh disertifikatkan karena masuk dalam HGU.

Selanjutnya ada juga permasalahan ditempat yang sama yakni ada tanah yang merupakan milik masyarakat berada diluar kebun dan diluar parit kebun, namun ketika mau disertifikatkan tanah tersebut BPN mengatakan tidak boleh karena masuk juga dalam HGU.

Terkait hal tersebut dirinya bersama ketua dan anggota dari komisi II DPRD Kalteng telah melakukan diskusi dan akan menindaklanjuti permasalahan tersebut, karena jika tidak dijelaskan dengan baik oleh BPN kepada masyarakat maka dapat menimbulkan permasalahan baru.

“Boleh jadi RDP, boleh jadi kita tinjau langsung dan kita akan panggil. Karena kita ingin melihat faktanya. Mungkin BPN akan kita panggil dan kita akan ke lapangan,” ucap H. Sudarsono.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.