Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

PUPR Kobar Targetkan Raih Predikat A Sakip 2021

0 20
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali membidik sasaran nilai A pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021. Sasaran itu diproyeksi dicapai setelah SAKIP tahun 2020 diraih dengan predikat B.

Meksi demikian, saat ini sejumlah OPD kembali ditegaskan untuk mendukung dan mampu meningkatkan sejumlah indikator penilaian SAKIP tersebut. Dari berapa OPD yang terlibat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar termasuk OPD inti penilaian SAKIP.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom. Juni menyebutkan rasa terima kasih kedapa Bupati dan Wakil Bupati serta Tim SAKIP Kobar. Sebab pada penilaian SAKIP sebelumnya, Dinas PUPR Kobar meraih predikat B.

Iklan Tengah Berita KPU

“Sesuai hasil rapat OPD bersama Bupati dan Wakil Bupati, Dinas PUPR Kobar ditargetkan meraih nilai A. Ini suatu kepercayaan yang memang menjadi tangungjawab berat bagi kami. Tapi kalau kita mau, pasti bisa,” ujar Juni Gultom.

Pasalnya saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberi penilaian B terhadap Kabupaten Kobar dalan sistem akuntabilitas pemerntah daerah.

Karena lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran Pemkab Kobar berhasil mencapai nilai A, 15 SKPD mendapat nilai B+ dan yang lainnya diberi nilai B. Satu dari lima SKPD yang mencapai nilai A tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar.

“Harapannya tahun depan menurut arahan Kemenpan dan Bupati Kobar, Kabupaten Kobar bisa mendapatkan penilaian A. Karena saat ⅔ dari SKPD di jajaran Pemkab Kobar sudah berhasil mendapatkan nilai B. Kami semua optimis penilaian bisa ditingkatkan lagi,” jelas Juni Gutom.

Lebih lanjut, jika Sakip di Dinas PUPR bisa naik, maka target Kabupaten Kobar untuk meraih hasil A bisa tercapai. Namun, hal ini tidak terlepas dari sebagian besar objek atau ODP yang dinilai. “Kenaikan predikat juga harus terjadi disemua OPD. Dan indikator yang dinilai lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Jika Kobar berhasil meraih predikat A, maka dipastikan akan berimbas terhadap kompensasi keuangan daerah. Sebab bagi aparatur daerah yang mampu melaksanakan Sakip, maka daerah akan mendapatkan dana insentif yang diberikan oleh Kementrian Keuangan. “Jelas kita berharap dan bersyukur Kobar berhasil. Itu bisa menjadi motivasi seluruh OPD untuk meningkatkan Sakip,” tutupnya. (Yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.