Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

PT TASK Dilaporkan Serobot Tanah Warga, Dewan Ingatkan Aparat Keamanan Tidak Berpihak

0 131
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – PT Tunas Agro Subur Kencana II yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit Kecamatan Telaga Antang, Kotawarimgin Timur dilaporkan menyerobot lahan masyarakat seluas 17 hektare, Rabu 24 Februari 2021.

“Saya baru menerima laporan saat ini masyarakat Desa Sangai, Kecamatan Telaga Antang Tengah bersitegang dengan pihak PT TASK 2  yang dijaga ketat oleh aparat TNI. Oleh sebab itu saya minta kepada pihak Kepala Desa, hingga Kecamatan segera mengabil langkah mediasi,” kata Anggota Komisi I DPRD, Kotim Rimbun.

Menurut Rimbun selain diduga melakukan penyerobotan lahan seluas 17 hektar, warga juga menuntut adanya pola kemintraan.

“Saya menerima banyak laporan masing-masing desa di wilayah tersebut akan bergerak menutut plasma pemerintah jangan diam segera ambil langkah supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” kata Rimbun.

Selain itu Rimbun juga mengingatkan kepada aparat yang sedang bertugas dilapangan supaya propesional menjaga keamanan jangan membuat hukum itu timpang kesebelah. “Semuanya wajib untuk dilindungi tanpa terkecuali,” tegasnya.

Sementara dari data yang dihimpun, konflik antara warga  bermula ketika pihak perusahaan menurunkan alat berat berupa exsavator mengarap lahan milik yang diakui warga miliknya. Sontak menyulut amarah puluhan warga dan langsung mendatangi lokasi dan terjadi cekcok dengan perwakilan perusahan.

“Kami sudah membebaskan lahan ini dengan pihak pemerintah Desa dan Kecamatan kita pegang surat nya,” kata salah seorang pihak perusahaan yang belum diketahui nama nya itu.

Setelah berdebat cukup lama pihak TNI yang berjaga jaga langsung meredam kedua belah pihak dan menyarankan untuk mediasi di kantor perwakilan atau ke Kantor Kecamatan. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.