Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

PT KMA tak Gubris Tuntutan Warga, Lahan 420 Hektar Disegel

0 289
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, KOTIM – Masyarakat Desa Paharingan, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur menutup akses jalan dan lahan PT Karya Makmur Abadi (KMA), Kamis (10/12/2020). Penutupan dikakukan setelah pihak peruhaan mengabaikan tuntutan warga untuk menyerahkan lahan Tora.

Lahan yang ditutup warga adalah lahan kebun sawit seluas 420 ha. Warga bersama Anggota DPRD Komisi II, M Abadi dari Fraksi PKB menilai pihak PT KMA tidak menggubris tuntutan masyarakat Paharingan sesuai ketentuan peraturan Menteri Lngkungan Hidup Nomor 51 tahun 2016 pasal 5.

“Sesuai komitmen kami kemarin akan melakukan pemortalan jika tidak diserahkan lahan tersebut dan sekarang sudah kita lakukan, kita menunggu tanggapan dari pihak PT KMA karena selama ini mereka tidak menggubris apa yang sudah kita sampaikan,” kata salah satu warga Paharingan, Riansyah.

TORA adalah salah satu agenda pembangunan nasional yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Selanjutnya dalam Perpres Nomor 45 Tahun 2016 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2017 di mana Reforma Agraria telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas nasional dalam pembangunan di Indonesia.

“Hingga sekarang kita belum dapat respons dari pihak PT KMA dan kita akan ikuti perkembangan sampai masalah ini terselesaikan sehingga masyarakat tau kejelasannya dari PT tersebut,” pungkas Abadi.

Dari pantauan intimnews.com masyarakat Paharingan juga membuat surat kepada PT KMA dengan tembusan kepada DPRD Kotim, Bupati, Kapolres, Camat, Desa, Kapolsek Serta Danramil Kotim dengan isi surat pihak PT dinilai telah melanggar UU dan merugikan masyarakat Desa Paharingan.

Saat dikonfirmasi awak media pihak management PT KMA tidak ada tanggapan atas kejadian tersebut hingga berita ini dinaikan. (Adrianus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.