Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Polres Kotim: Tindak Tegas Pelaku Karhutla Tanpa Pandang Bulu

0 304
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin menegaskan pihaknya tidak akan memandang bulu bagi pelaku penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Kita pasti akan melakukan upaya preventif yaitu pencegahan dan apabila memang sudah terjadi pelanggaran. Maka kita akan melakukan penindakan dan penegakan hukum dengan tidak memandang bulu sesuai intruksi presiden,” kata Jakin, Senin 22 Februari 2021

Namun yang pihaknya utamakan serta memprioritaskan adalah upaya pencegahan. Pencegahan ini tersebut menurutnya berupa sosialisasi dan patroli. “Kita bersama TNI akan total melakukan upaya pencegahan sebagaimana amanat bapak presiden,” demikiannya

Sementara itu, presiden Joko Widodo meminta apabila telah terjadi kebakaran yang dimaksud. Agar perugas tidak lambat dalam menanganinya. Dirinya juga meminta agar manajemen lapangan harus terkonsolidasi dan terorganisasi.

“Hal itu agar segera bisa ditangani di depan seperti bhabinkamtibmas dan babinsa. Semua harus digerakkan untuk melakukan deteksi dini. Infrastruktur monitoring harus sampai tingkat bawah. Libatkan bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa untuk melakukan pencegahan. Dari data bahwa 99% kebakaran adalah ulah manusia, baik disengaja maupun tidak. Motif utamanya adalah ekonomi,” kata Jokowi, saat rakornas pengendalian Karhutla secara virtual. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.