Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Perayaan Imlek Tanpa Barongsai di Kotim

0 149
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Tahun Baru Imlek 2021 di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dirayakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Dikarenakan Pademi Covid-19 seluruh vihara dan sejumlah klenteng yang ada meniadakan perayaan imlek, kalau ada kegiatan hanya sembahyang, itupun dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Kami mengucapkan selamat tahun baru imlek 2572 tahun 2021 semoga kita semua diberkahi kesehatan, kedamaian kebahagiaan, kelancaran, kesuksesan dan juga kita doakan karena kita merayakan tahun baru imlek di tengah suasana pandemi covid-19 yang belum usai,” kata Yopanto, ketua pengurus cabang mapan bumi Kotim dan ketua vihara Karuna Maitreya

Iklan Ramadan BPN

Oleh sebab itu, kata Yopanto, kami memohon kepada tuhan yang maha penguasa dan juga memohon kepada kasih dari pada budha, para suci. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan kita semua dapat kembali dalam hidup yang seperti semula.

Iklan Travel

“Kami mengikuti imbauan dari pemerintah serta Kementerian Agama agar memberikan informasi kepada umat-umat untuk mematuhi protokol kesehatan yang disiplin. Agar membantu memutus mata rantai Covid-19,” ungkapnya

Dirinya berharap pandemi ini segera berakhir. Serta yang hadapi masyarakat bangsa dan negara, seperti musibah seperti banjir, tanah longsor dan gempa bumi. Semoga segala diberikan keselamatan dari segala apa yang terjadi tersebut seperti musibah.

“Kurang meriahnya imlek tahun ini karena masa pandemi ini. Kita mengimbau kepada umat-umat agar tidak melakukan ibadah datang ke vihara. Kami menganjurkan ibadah bisa di rumah masing-masing. Kalaupun yang datang beribadah ke vihara jumlah jamaah yang datang kami batasi. Itupun hanya pengurus vihara,” bebernya

Hari ini, kata Yopanto, ada ibadah, namun ibadahnya tidak begitu meriah merayakan seperti mengundang umat. Dirinya menyebutkan bahwa hari pertama tahun baru imlek itu semua merayakannya di masing-masing keluarga.

“Kita tidak menganjukan merayakan di vihara, jadi khusus pengurus saja yang merayakan di vihara. Biasanya yang meriah itu pada malam tahun barunya. Untuk tahun ini barongsai memang ditiadakan, biasanya setiap tahun barongsai mengunjungi setiap vihara. Tetapi tahun ini tidak,” demikiannya (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.