Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Pemkot Palangka Raya Akomodir Tenaga Kontrak Dalam BPJS Ketenagakerjaan

0 30
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Tenaga kontrak atau pegawai tidak tetap (PTT) di lingkungan Pemkot Palangka Raya akan mendapatkan BPJS ketenagakerjaaan. Jaminan sosial ini diberikan sebagai wujud perhatian pemerintah.

Demikian yang menjadi poin dalam penandatanganan MoU antara Pemkot Palangka Raya dengan BPJS di Aula Gedung Pertemuan Umum Palampang Tarung Jalan Cilik Kriwut, Rabu lalu.

“Tujuan perjanjian kerja sama ini adalah untuk mengoptimalkan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah. Ini dikhususkan bagi tenaga kontrak atau pegawai tidak tetap di lingkungan Pemkot Palangka Raya,” terang Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.

Fairid menjelaskan, pemerintah daerah selaku pemberi kerja bersedia untuk melaksanakan kewajiban dalam hal mendaftar dan membayarkan iuran jaminan sosial ketenagakerjaan bagi setiap tenaga kontrak atau Pegawai Tidak Tetap (PTT). Karena ini merupakan salah satu kebutuhan dan perlindungan dasar yang layak.

Fairid mengatakan, pemerintah akan bersinergi dalam akuisisi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka optimalisasi program jaminan sosial nasional. Terutama program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Tenaga Kontrak atau Pegawai Tidak Tetap di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Menurutnya, jaminan kecelakaan kerja adalah manfaat berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja atau penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja. Sementara Jaminan Kematian (JKM) adalah manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika meninggal dunia walaupun bukan akibat kecelakaan kerja (sesuai peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2019).

“Semoga dengan adanya kerja sama ini memberikan ketenangan dalam bekerja para Pegawai Kontrak atau Pegawai Tidak Tetap sesuai dengan tugas dan fungsinya di lingkungan kerja masing masing. Saya ucapkan terima kasih kepada Badan BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya, dan berharap masing-masing pihak mendapatkan manfaat dalam penandatangan kerja sama ini,” ungkapnya. (AMALUL)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.