Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupat Kotim Direncanakan Secara Virtual

0 87
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Rencana agenda pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) periode 2020-2024 akan dilakukan secara virtual. Hal itu ditegaska oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik, Minggu lalu.

Alasannya, pelantikan Bupati atau wakil Bupati terpilih se Indonesia pada Pilkada serentak 2020 lalu, akan berlangsung secara virtual demi meminimalisir penyebaran COVID-19.

“Pelantikan Bupati/Walikota diintruksikan terlaksana secara jarak jauh atau virtual, dan mekanismenya secara detail terkait pelaksanaan sedang disusun. Yang jelas, nanti semua tata caranya harus sesuai dengan protokol kesehatan,” kutip keterangan Akmal pada meeting zoom

Sementara itu, usulan agenda pelantikan pada pemimpin baru di Kotim yakni pasangan Halikinnnor dan Irawati telah diterima oleh Kemendagri dari usulan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

Informasinya, pelantikan akan langsungkan sekitar tanggal 24 atau 25 Februari 2021 mendatang. Ketua DPRD Kotim, Rinie mengatakan dalam aturan yang berlaku, bupati  dilantik di ibukota provinsi. Namun, karena masa pandemi maka hal itu tidak dilakukan. Nantinya atau saat virtual, gubernur atas nama pemerintah pusat akan melantik tetap di ibu kota provinsi, sedangkan bupati dan wakilnya di wilayah masing-masing. 

“Gubernur yang akan melantik tetap berada di ibu kota provinsi. Sementara bupati dan wakilnya berada di daerah masing-masing dengan menggunakan protokol kesehatan. Bahkan untuk yang hadirpun sangat dibatasi jumlah maksimal hanya 25 orang berada di dalam ruangan selain itu tidak ada lagi,” ungkapnya, Minggu 21 Februari 2021

Disamping itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim telah melakukan deteksi dini menjelang pelantikan. Namun menurut Wim, Kaban Kesbangpol Kotim, tidak ada persiapan khusus.

“Kita tidak ada persiapan khusus, namun kita tidak meremehkan keadaan. Kita tetap berkoordinasi dengan TNI, Polri dan BIN,” bebernya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.