Ultimate magazine theme for WordPress.

Pandemi Covid-19, Mukhtarudin Pacu Pengembangan IKM

0 108
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin terus berupaya dan mendorong pengembangan sektor industri kecil menengah (IKM) di tengah dampak pandemi Covid-19.

Berbagai langkah strategis telah disiapkan oleh Mukhtarudin, agar sektor IKM dapat menjalankan usahanya dengan baik sehingga masih memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah dan nasional, Senin (22/3/2021).

“IKM menjadi sektor industri yang mempuyai daya tahan dalam situasi krisis akibat wabah Covid-19, oleh karena itu industri kecil menengah dinilai menjadi salah satu sektor yang strategis untuk dikembangkan” jelas Mukhtarudin.

Iklan Ramadan BPN

Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) dan Kementerian Perindustrian RI beserta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur menyelenggarakan bimbingan teknik wirausaha industri kecil dan menengah (IKM) di Provinsi Kalimantan Tengah

Mukhtarudin mengatakan, tumbuh dan berkembangnya wirausaha IKM selain membuka kesempatan juga dapat menjadi penggerak roda ekonomi, dan bahkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui Bimtek ini kami bermaksud memberdayakan dan juga meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berwirausaha bagi para peserta.

“Sehingga diharapkan Mukhtarudin, mereka dapat membuka lapangan kerja meningkatkan daya saing serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah”.

Selain itu lanjut mukhtaruddin, Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang produktif dan inovatif serta bisa mengolah dan menciptakan usaha ekonomi kreatif terutama bagi milenial

Dikatakannya bimtek wirausaha IKM yang dilaksanakan kali ini meliputi tiga kegiatan usaha yaitu bimtek wirausaha IKM kopi bimtek wirausaha, IKM pembuatan web dan bimtek wirausaha konveksi selain itu peserta juga dibekali dengan materi kerajinan oleh dinas PTSP, materi perbankan/KUR oleh BRI dan materi kewirausahaan.

Bimtek wirausaha PKM ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun di Provinsi Kalteng, yang merupakan daerah pemilihan dapil saya sendiri, dan kali ini saya mendapatkan giliran apresiasinya adalah Kotawaringin Timur, ujar Mukhtarudin.

Diketahui kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai hari Senin 22 hingga 26 Maret 2021, yang diikuti oleh 55 orang peserta pembukaan bimtek berlangsung di hotel Aquarius yang dihadiri oleh wakil bupati Kotim.

Lanjut Mukhtarudin, kegiatan bimtek wirausaha PKM sudah berlangsung 3 kali sebelumnya telah diadakan di kabupaten Kotawaringin Barat, Palangkaraya, dan akan dilanjutkan berikutnya di Kabupaten-kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah secara bergantian.

Diharapkan oleh mukhtaruddin generasi milenial harus bangkit dengan membangun usahanya di tengah pandemi covid-19, bahkan harus bisa menciptakan usaha kreatif lainnya, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan rakyat, pungkas Mukhtaruddin. (yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.