Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Operator Sekolah Butuh Perhatian, Begini Komentar Praktisi Pendidikan Kotim

0 148
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Peran Operator Sekolah sebagai salah satu Tenaga Kependidikan di satuan pendidikan saat ini sangat vital.

Terlebih dengan sistem dan aturan dari Kemdikbud RI yang mengharuskan setiap satuan pendidikan untuk mengisi Dapodik dan aplikasi-aplikasi pendidikan lainnya baik  secara online ataupun semi online yang berbasis data.

Operator sekolah disibukkan dengan berbagai aplikasi yang tentunya sangat berpengaruh dengan data perkembangan satuan pendidikan, sehingga diperlukan fokus perhatian dan keseriusan untuk mengikuti perkembangan aplikasi-aplikasi pendidikan tersebut.

Iklan Ramadan BPN

Deny, praktisi Pendidikan Kotim mengatakan satuan pendidikan perlu operator pendidikan yang bisa menguasai komputer dan aplikasi-aplikasi pendidikan tersebut dengan baik dan berkesinambungan.

Oleh karena itu peran dan keberadaan nya sangat penting dan harus diberikan perhatian serius oleh kepala satuan pendidikan maupun dinas pendidikan setempat, baik terkait kesejahteraan nya maupun prasarana pendukungnya dalam menjalankan tugasnya.

“Seorang operator memiliki tugas untuk membantu operasional sekolah agar berjalan lebih lancar. Mereka bertanggung jawab langsung kepada kepala sekolah dan seringkali dibebankan dengan tugas yang multi tasking,” kata Deny.

Lanjut Deni mengatakan tugas operator sekolah memang sekarang ini harus serba bisa, banyak operator sekolah yang merangkap berbagai tugas, selain menginput data satuan pendidikan kadang juga diminta untuk membantu mengajar bahkan tugas guru pun banyak yang dilimpahkan ke operator sekolah.

“Masih banyak satuan pendidikan yang memberdayakan pendidiknya yang rangkap tugas sebagai operator sekolah karena memang keterbatasan pendidik dan tenaga kependidikan, padahal tugas operator sekolah itu sendiri sudah sangat banyak dan sangat menentukan input data perkembangan sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Deny mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawabnya sangat besar, jadi kesejahteraan nya juga harus diperhatikan dengan serius, bahkan kalau bisa satuan pendidikan tidak hanya punya minimal 1 operator sekolah saja namun bisa memiliki tim operator sekolah.

Kemudian diberikan fasilitas laptop atau pc yang memadai dan pelatihan operator sekolah yang berkelanjutan, karena berbagai bantuan dan laporan sekolah dari pusat sekarang diinput oleh operator sekolah.j

Iklan Travel

Jikasalah atau kurang maka dampaknya juga akan terasa langsung kepada satuan pendidikan nya. Pengajuan untuk BOS, BOP, DAK FISIK dan bantuan lainnya semua ditangani oleh operator sekolah.

Adapun Tugas yang wajib dilakukan oleh operator sekolah seperti:

1. Melaksanakan segala pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi sekolah/madrasah

2. Melaksanakan segala tugas yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian

3. Melaksanakan segala tugas yang berkaitan dengan administrasi keuangan (Dana BOS)

4. Melaksanakan segala tugas yang berkaitan dengan administrasi sarana dan prasarana

5. Melaksanakan segala tugas yang berkaitan dengan administrasi hubungan sekolah terhadap  masyarakat

6. Melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan administrasi pengarsipan

7. Melaksanakan tugas tugas administrasi kesiswaan

8. Melaksanakan segala tugas tentang administrasi kurikulum.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.