Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Musrenbang Kotim Diharapkan Cerminkan Kebutuhan dari Desa ke Kota

0 34
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Setelah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat desa dan kelurahan pada Desember lalu, kini musrenbang di Kotawaringin Timur telah sampai di tingkat kecamatan. Musrenbang diharapkan menghasilkan usulan yang mencermikan kebutuhan.

Ramadhansyah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotim. Mengatakan bahwa musrenbang adalah sarana menggali aspirasi masyarakat melalui rencana kerja pemerinah daerah 2022.

“Di forum ini kita akan menggali terkait permasalahan-permasalahan pembangunan mulai tingkat desa sampai kelurahan. Pelaksanaan musrenbang desa dilaksanakan sejak bulan Juli lalu, sedangkan musrenbang kelurahan pada Desember dan akan disampaikan pada tingkat kecamatan,” ungkap Ramadhansyah, Senin 25 Januari 2021

Menurut Ramadahnsyah, musrenbang tingkat kecamatan ini dibagi menjadi tiga kelompok. Yaitu kelompok ekonomi, kelompok kependudukan pemerintahan dan yang ketiga kelompok infrastruktur.

“Masing-masing kelompok nanti akan menyepakati apa yang menjadi prioritas pada desa atau kelurahan. Usulan-usulan nanti akan disampaikan oleh perwakilan desa atau kelurahan yang dihadiri pejabat kabupaten. Tahun ini kita musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 menggunakan sistem informasi pemerintah daerah atau SIPD,” sebutnya.

Ia menjelaskan, dimana semua usulan desa atau kelurahan wajib diinput ke dalam aplikasi tersebut. Jadi, kata Ramadhansyah. sebelum musrenbang pihaknya sudah melakukan verifikasi atas usulan desa dan kelurahan untuk memilah yang mana menjadi kewenangan desa maupun kabupaten.

“Hari ini dari hasil input dari aplikasi akan kita sepakati oleh kelompok bidang. Sehingga nantinya akan diverifikasi dan akan dibawa ke musrenbang kabupaten. Namun sebelumnya nanti ada forum gabungan perangkat daerah perannya menampung dari hasil konsultasi RKPD dan musrenbang tingkat kecamatan,” kata Ramadhansya.

Setelah pelaksanaan musrenbang rampung semua di tingkat kecamatan, phaknya akan melaksanakan konsultasi publik RKPD tahun 2022. Sehingga setelah itu melaksanakan musrenbang kabupaten. (jimmy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.