Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Mukhtarudin Sebut UMKM Kebal Krisis, Harus Bangkit di Kalteng

0 188
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan UMKM terbukti paling tahan menghadapi krisis ekonomi. Karena itu UMKM harus dibangkitkan di Kalimantan Tengah agar menjadi penyangga ekonomi daerah.

“Krisia 1998 semua sektor ekonomi rontok dan hanya UMKM yang mampu bertahan. UMKM menjadi penopang ekonomi nasional waktu itu,” ujar Mukhtarudin saat memberi bimbingan teknis (Bimtek) kewirausahaan bagi industri kecil dan menengah, Jumat (13/11/2020).

Bimtek kewirasusahaan diikuti 90 perserta, terdiri dari Bimtek Wirasuaha Kopi, Wirausaha Makanan Ringan, Wirausaha Pupuk Organi, Wirausaha Konpeksi, Wirausaha Pembuatan Web, dan Wirausaha Servis Komputer.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan untuk meningkatkan SDM yang produktif. Selain itu, dengan bimtek ini akan mencetak wisausahawan yang mandiri dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua di 2020. Pertama kita laksanakan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Dan hari ini kita laksanakan di Kota Palangka Raya,” ucapnya.

Mukhtarudin meceritakan, saat krisis 98 UMKM mampu bertahan. UMKM menunjukkan kekuatan sebagai penyangga ekonomi rakyat.

“Sehingga hemat kami penguatan dan penumbuhan IKM dan UMKM harus terus dilakukan, baik itu melalui bimtek, pelatihan, dan kegaitan lainnya,” tegasnya.

“2021 kita kembali melaksanakan bimtek ini se Kalteng. Pelatihan ini sangat penting dan strategis dilakukan, karena untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat kita, khususnya milenial, sehingga menjadi produktif,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi IKM dan UMKM di Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya. Dengan demikian mereka mampu mandiri dan menumbuhkan ekonomi.

Mukhtarudin ingin, melalui bimtek wirausaha tersebut, masyarakat yang tidak mau bekerja dan tidak memiliki kemampuan pada akhirnya mau dan menjadi produktif. Dia berharap, IKM dan UMKM dapat lebih berkembang dan lebih maju lagi. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.