Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Momen Langka, Penampakan Buaya Saat Berburu Mangsa di Kebun Pisang

0 153
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Sebuah momen langka diabadikan seorang warga saat seekor buaya muara berburu mangsa di sebuah kebun pisang di wilayah Desa Ganepo, Kecamatan Seranau, Kotawaringin Timur (Kotim). Buaya tersebut diduga tengah mengintai seekor monyet.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pos jaga Sampit melakukan pengecekan dan observasi ke lokasi kemunculan buaya tersebut.  BKSDA dikawal oleh Manggala Agni pos Sampit.

“Kemunculan buaya yang berada di kebun pisang milik warga atas nama Sulami atau Pak Bagong. Pada momen tersebut, seekor buaya muara yang berada di kebun pisang itu sempat diabadikan oleh warga melalui sebuah foto,” kata Muriansyah, komandan pos jaga BKSDA Sampit, Selasa 9 Februari 2021

Adapun hasil observasi yang dilakukan pihaknya yaitu bertemu dengan seorang warga bernama Wage yang mengambil berhasil mendokumentasikan momen itu.

“Dokumentasi diambil kemarin sore, sekitar pukul 17.00 sore. Saat pengambilan foto, kondisi air di sungai Mentaya sedang pasang. Dengan di temani Wage dan 3 orang warga, petugas ke lokasi kemunculan Buaya. Lokasi merupakan kebun pisang milik warga. Berjarak sekitar 5 meter dari tepi sungai Mentaya” sebut Muriansyah.

Di tempat tersebut petugas menyisir sekitar lokasi kemunculan buaya untuk mencari sarang atau tempat bertelur. Hasilnya, tidak ditemukan sarang atau lokasi bertelurnya buaya.

“Keterangan warga, saat sore hari, rombongan monyet ekor panjang sering terlihat di sekitar lokasi. Kami juga menyisir pantai sekitar lokasi kemunculan Buaya. Buaya tidak terlihat. Banyak ditemukan sampah rumah tangga. Di duga kuat, sampah tersebut sampah yg hanyut dan terdampar di perairan desa,” katanya.

Petugas juga menyisir 4 buah kolam yang berada di sekitar lokasi kemunculan Buaya. Namun hasilnya juga tidak di temukan buaya.

“Berdasarkan keterangan warga lainnya, tidak pernah melihat buaya muncul di 4 kolam itu. Untuk itu kami memberikan pengarahan pada warga dan meminta segera melapor apabila Buaya terlihat lagi dilokasi tersebut. Kalo Buaya muncul lagi di lokasi itu, saya rencanakan akan dipasangi perangkap Buaya,” kata Muriansyah lagi.

Buaya yang diabadikan warga itu menurutnya berjenis buaya muara dan panjang sekiar 4 meter.

“Dari hasil observasi, didapat kesimpulan awal bahwa buaya berada di lokasi itu untuk mengintai dan menyergap monyet ekor panjang,” katanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.