Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Mengadu ke Dewan, Warga Desak PT Makin Kembalikan Tanah Adat

0 290
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, KOTIM – Masyarakat Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur meminta Anggota Komisi 2 DPRD Kotim M Abadi memfasilitasi tuntutan masyarakat atas tanah adat yang digarap PT Makin. Masyarakat meminta tanah itu segera dikembalikan.

“Kami sudah dua kali ketemuan dengan pihak PT Makin dan tidak ada kejelasan soal tanah hak Ulayat adat. Dan alasan PT Makin mereka tidak mempunyai data untuk ganti rugi,” kata Kepala Desa Baampah Rahmad, Senin (21/12/2020).

Rahmad mengatakan, pihaknya meminta tanah adat desa yang digarap PT Makin yang termasuk di wilayah hukum Desa Baampah dan Desa Tangar agar dikembalikan. Ia berharap DPRD Kotim membantu memperjuangkan menyelesaikan sengketa itu

M Abadi sendiri meminta warga menyurati DPRD Kotim agar DPRD Kotim bisa menindaklanjuti tuntutan tersebut dan akan bersama-sama dengan instansi terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kita akan mengikuti aturan UU yang berlaku dan kalau dari PT Makin menyalahi aturan UU maka kita akan tindak tegas terhadap PT tersebut,” kata M Abadi.

Abadi juga menjelaskan apabila tidak dicari jalan penyelesainn dengan tuntutan masyarakat desa maka masyarakat tidak bisa dipersalahkan apabila sampai melakukan pemortalan atau menutup akses wilayah kebun. Sebab itu adalah upaya mereka mencari keadilan.

“Kita akan merujuk UU Nomor 5 tahun 1999 tentang pedoman penyelesaian masalah hak Ulayat masyarakat hukum adat, dan nomor 9 tahun 1999 tentang tentang tatacara pemberian dan pembatalan hak atas tanah negara dan hak pengelolaan,” pungkas Abadi. (Adrianus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.