Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

Melihat Prison Art Show, Pameran Karya Seni Warga Binaan di Lapas Kasongan

0 63
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Sejumlah hasil kerajinan dan seni karya warga binaan lembaga pemasyarakatan dipamerkan di Lapas Kasongan, Kalteng. Pameran digelar dalam tajuk Prison Art show.

Kegiatan berupa pameran dan pertunjukan seni ini sekaligus wadah promosi dan sosialisasi hasil karya produk unggulan warga binaan pemasyarakatan. Kegiatan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Humas Ditjen PAS.

Prison Art Show (PAS) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah digelar di Lapas Khusus Narkotika Kasongan, Kalimantan Tengah, pada Selasa (17/11).

Iklan Tengah Berita KPU

Hadir pada kegiatan yang baru pertama kali di Kalteng ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sudjonggo, Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan, Basan Baran, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Heni Yuwono, Bupati Katingan, Sakariyas, Kepala Kantor Wilayah, Ilham Djaya, dan Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kalteng.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng, Ilham Djaya, dalam sambutannya menyampaikan jika kunci kegiatan ini, negara tidak boleh membuat WBP lebih jelek dari sebelum masuk Lapas maupun Rutan, kita dituntut untuk memberikan pembinaan-pembinaan kepada WBP.

Hasilnya adalah mereka dibekali dengan berbagai macam keterampilan yang karyanya kita suguhkan dalam kegiatan Kalteng Prison Art Show pada pagi hari ini,” terangnya.

Senada, Sesditjenpas, Sudjonggo yang membuka secara resmi kegiatan mengapresiasi kegiatan Prison Art Show yang pertama kali diselenggarakan di luar pulau Jawa.

“Mudah-mudahan dengan diadakan kegiatan seperti ini dapat mempererat tali persaudaraan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Rumah Tahanan Lapas Kelas llB Pangkalan Bun ikut berkontribusi pada kegiatan dengan menampilkan beberapa hasil karya seni warga binaan, berupa kerajinan tangan, dan karya lukis dan lainya.

Lukisan bakar yang selama ini menjadi daya tarik tersendiri ikut ditampilkan, bahkan karya lukis bakar pernah mendapatkan penghargaan dari RI 2 yang kala itu masih dijabat Yusuf Kalla, kata Kalapas Pangkalan Bun Muhktar.

Dengan karya seni ini diharapkan bisa memberikan kesempatan narapidana untuk berkarya positif. Selain itu diharapkan penampilan Warnarupa di Prison Art Show ini bisa memotivasi dan memberikan mereka tempat berkarya yang bisa diapresiasi oleh masyarakat luas, sehingga kelak bisa menjadi modal mereka saat bebas kembali ke tengah-tengah masyarakat, terang Muhktar. (Yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.