Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Masalah Plasma Tak Berujung, Dewan Usul Perkebunan Sawit Dikelola BUMD

0 427
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim ) H.Darmawati ,mendorong pemerintah daerah supaya membangun kebun sawit untuk seluruh warga kotim yang mana nanti nya bisa saja di kelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

” Saya menyarankan kepada bupati kotim supaya membangun plsma untuk seluruh warga kotim tampa terkecuali pasalnya kita sudah memiliki BUMD namun sebelum semuanya kita realisasikan menejemen BUMD itu perlu di evaluasi dulu tempatkan lah orang yabg mengerti dibidangnya yang punya SDM yang mampu membangun sebuah perusahan besar,” kata Darmawati .

Lebih lanjut dia mengatakan kenapa ide plsma untuk seluruh warga kotim ini muncul? karena potensi lahan di Kotim masih banyak dan bisa saja dibangun kebun.

Iklan Ramadan BPN

Selain itu sejumlah PBS juga masih ada yang belum melaksanakan pola kemitraan terhadap masyarakat. “Maka dengan adanya hal itu kita harus lebih tegas kepada investor karena tujuan kita ialah selain membangun daerah juga membangun pondasi ekonomi masyarakat kotim supaya semua nya punya pemghasilan yang menetap,” jelasnya.

” Sumber daya alam kita sebaiknya kita sendiri yang mengelolanya pemkab di minta untuk tidak lagi menerbitkan ijin baru khsusnya kebun sawit karena warga kotim juga ingin punya kebun sendiri,” katanya lagi.

Selama ini banyak munculnya permasalahan klaim lahan dan demo oleh masyarakat lantaran kurangnya perhatian investor dengan masyarakat sekitar perusahaan. Salah satunya tidak dibangun pola kemintraan dan program CSR pun berjalan atau direalisasikan tidak tepat sasaran kepada yang seharus nya mendapatkan.

Selain itu lemahnya pengawasan dan tidak ada kebijakan dari pemerintah daerah dalam hal memperhatikan warga sekitar kebun sehingga akhirnya warga pun bergerak sendiri menuntut hak-hak nya kepada investor tersebut yang ahirnya berdampak terhadap kesenjangan sosial keamanan investor sendiri pun terancam dengan maraknya aksi demo portal jalan dan marak perncurian buah sawit.

Iklan Travel

”Supaya tidak muncul lagi permasalahan sengketa lahan tuntutan akan plasma maka saya mendorong bupati yang sedang membuat terobosan baru untuk kesejahteraan warga kotim yaitu membangun kebun plasma dan itu bisa di kerjasamakan dengan BUMD,” tambahnya.

Ada ketentuan minimal 20 persen untuk kebun plasma 80 persen untuk inti jika mengacu terhadap peraturan pemerintah dan undang-undang yang ada, kewajiban membangun kebun plasma itu diatur dalam undang undang.

Ketentuan dari pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian No 26 tahun 2007 dan diperbaharui Peraturan Menteri Pertanian No 98 tahun 2013 menekankan bahwa sejak Februari 2007, apabila terjadi pembangunan kebun kelapa sawit, perusahaan inti wajib untuk membangun kebun masyarakat di sekitarnya di mana areal lahan diperoleh atau membangun kebun dari lahan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Pemerintah juga telah mencantumkan ketentuan Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) dalam UU Perkebunan no 39 tahun 2014 yang mewajibkan perusahaan mengikuti standar pembangunan kebun kelapa sawit yang berkelanjutan dengan mengikuti ketentuan peraturan dan perundang-undangan di Indonesia.

Yakni perusahaan perkebunan wajib memperhatikan faktor sosial, ekonomi , dan lingkungan di mana salah satunya membangun perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dengan pembangunan kebun kelapa sawit yang kepemilikan lahannya oleh masyarakat.kemudian peraturan daerah tentang pola kemintraan yang juga bisa menjadi payung hukum.

“ Saya sarankan pemerintah daerah perlu memperhatikan ini semua dan bisa mendorong dan juga memperhatikan perusahan supaya mereka bisa memenuhi itu semua dan mereka juga pun berinvestasi di Kotim aman,” tegasnya.

“Namun ditegaskannya pada saatnya nanti jika masa izin usaha perkebunan (IUP) sawit tersebut habis tetap tidak membangun kebun plasma maka IUP-nya tidak perlu diperpanjang karna kita banyak peluang untuk memenuhi tuntutan plasma selain mengambil 20dari HGU juga bisa saja membangun sendiri yang mana nanti BUMD lah yang bergerak.,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.