Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Mangkir Paripurna Tiga Kali, Anggota DPRD Bakal Kena Sanksi

0 70
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam melakukan penegakkan Tata Tertib (Tatib) saat ini masih mengedepankan pendekatan-pendekatan berupa imbauan.

Hal tersebut dilakukan mengingat BK DPRD Kalteng masih belum bisa sepenuhnya berpegang pada aturan tatib karena saat ini tata beracara BK masih dalam proses pembahasan atau dalam masa revisi.

“Tata beracara BK masih dalam pembahasan, masih belum selesai. Sehingga untuk penegakkan tatib, khususnya menyangkut keaktifan anggota dewan, dikembalikan ke masing-masing fraksi, untuk memanggil, menegur ataupun memberi saksi bagi anggota dewan yang jarang mengikuti kegiatan paripurna,” ucap Kepala BK DPRD Kalteng, H. Achmad Amur pada Senin (26/4/2021).

Iklan Ramadan BPN

Dia menambahkan bahwa tatib sebelumnya anggota dewan yang tidak ikut paripurna enam kali berturut-turut akan mendapat teguran. Namun sekarang diusulkan pada tatib baru, tiga kali saja tidak ikut paripurna dan tiga kali tidak ikut rapat gabungan akan diberi teguran.

Iklan Travel

“Namun untuk bisa melaksanakan itu masih menunggu disahkan dulu. Sekarang tatibnya masih di bahas,” tegasnya.

Lanjut Amur, bahwa pihaknya tetap akan melakukan langkah-langkah sesuai mekanisme yang ada. Selain itu ada sanksi layaknya sanksi bagi PNS, bagi anggota dewan yang melanggar tatib. Yakni sanksi terberat direkomendasikan kepada pimpinan lembaga untuk di PAW (Pergantian Antar Waktu) oleh partai kepada yang bersangkutan, kalau sudah melakukan pelanggaran berat.

Selain itu menurutnya bahwa untuk menerapkan sanksi kode etik ditengah kondisi Pandemi covid-19 saat ini ada semacam kendala seperti salah satunya adalah kehadiran yang memang juga kurang relevan, karena kondisi atau faktor siatuasi serta keadaan saat ini.

“Kami hanya menghimbau bagi anggota dewan yang memang sedang berhalangan atau sakit, atau kendala lainya untuk dapat hadir saat paripurna atau rapat gabungan minimal agar memberitahukan,” tutupnya.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.