Ultimate magazine theme for WordPress.

Lubang Maut di Pangkut Mulai Berbau, 7 Korban Belum Ditemukan

0 2.222
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Hingga hari ini terhitung sudah lima hari, tujuh jenazah yang masih terkubur di dalam lubang tambang emas sedalam 65 meter di Sungai Seribu, RT 06, Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), belum berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, Selasa (24/11/2020).

Saat ini lubang tambang maut tersebut mulai mengeluarkan bau tidak sedap menyengat, diduga akibat bau tujuh jenazah yang bercampur air dan lumpur.

Sementara ini tim SAR baru berhasil mengevakuasi tiga jenazah, pada Jumat (20/11) jenazah dimakamkan di pemakaman umum Samari II, Kelurahan Madurejo, pada Sabtu (21/11).

Camat Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat Muhammad Nursyah Ikhsan mengatakan bahwa jenazah sudah beberapa hari ini di dalam lubang galian dan bercampur air dengan lumpur sehingga menimbulkan bau yang menyengat di permukaan lubang.

Saat ini posko tim SAR gabungan yang semula didirikan di dekat lokasi lubang tambang tersebut telah dibongkar dan dipindah ke halaman Kantor Kecamatan Arut Utara yang berjarak beberapa kilometer dari lokasi tambang.

“Kita pindah karena di Kantor Kecamatan fasilitas atau sarana prasarana untuk menunjang tim gabungan lebih lengkap,” terang Camat.

Ia menegaskan apabila hingga tanggal 25 November 2020 tidak ada progres yang positif (ditemukan) maka berdasarkan hasil rapat bersama pemerintah daerah lubang tambang tersebut akan ditutup.

“Namun untuk teknis penutupan lubang tambang tersebut belum diketahui. Kepastian teknis penutupan akan dibicarakan dalam rapat lanjutan saat penghentian pencarian diputuskan”, ucap Camat.

Sementara ini pihaknya bersama tim SAR gabungan terus melakukan pemantauan, namun untuk proses evakuasi dengan masuk kembali ke dalam lubang galian belum bisa dilakukan.

“Lanjut Camt, kita tunggu hingga tanggal 25 November 2020 ini, kita terus melakukan pemantauan di lokasi galian tambang tersebut,” tandasnya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.