Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

Loloskan Pasien Covid-19, Mukhtarudin Minta Bandara Ahmad Yani Semarang Dievaluasi

0 178

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Lolosnya salah satu penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19  terbang dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ke Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalteng ditanggapi anggota DPR RI, Drs H Mukhtarudin.

Anggota DPR RI Komisi VI dapil Kalimantan Tengah Drs H Mukhtarudin merespon cepat terkait lolosnya satu penumpang pesawat terbang yang positif Covid-19, dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Iskandar Pangkalan Bun,.

Mukhtarudin dengan tegas meminta kepada pihak yang terlibat dalam proses keberangkatan penumpang agar meningkatkan antisipasi dan tidak lengah atau lalai terhadap siapa saja yang akan menggunakan transportasi umum antara lain pesawat terbang.

Sehingga tdk ada penumpang yang lolos seperti yang terjadi di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Disiplin dalam melaksanakan SOP yang telah ditentukan dalam proses keberangkatan maupun kedatangan bandara tujuan.

Mukhtarudin mempertanyakan bagaimana SOP di Bandara Ahmad Yani Semarang sehingga penumpang yang positif Covid-19 tersebut bisa lolos. “Proses validasinya seperti apa. Kenapa sampai bisa berangkat padahal pada proses screening awal penumpang tersebut sudah diketahui positif covid 19, kok bisa check in dan dapat boarding pass,” katanya.

Untuk itu Mukhtarudin meminta investigasi secara menyeluruh proses keberangkatan di Bandara Internasional Ahmad yani Semarang. Kalau ditemukan ada bukti kelalaian atau kesengajaan oleh oknum, maka perlu diberikan sanksi yang tegas sesuai ketentuan yang berlaku.

Iklan Duka Cita

“Setelah ketahuan positif, sudah diberi tanda di surat keterangan kesehatannya. Dan disarankan penumpang isolasi mandiri. Seharusnya, saat ada penumpang ketahuan positif Covid-19, penumpang itu ditahan di tempat itu dan tidak boleh ke mana-mana,” tegas Mukhtarudin.

“Ada SOP yang menurut saya yang tidak dijalankan dengan benar dan ini harus ditindak. Supaya tidak terulang lagi,” kata Mukhtarudin lagi.

Pihak bandara dan KKP harus segera melakukan evaluasi. Jangan sampai kejadian serupa terulang karena membahayakan masyarakat luas.

Menurut Mukhtarudin, KKP harus berada di garda terdepan untuk melakukan screening secara ketat sesuai SOP.

Mukhtarudin, memberikan apresiasi kepada petugas Bandara Iskandar Pangkalan Bun, begitu mengetahui ada penumpang positif Covid-19 lolos dari bandara semarang, petugas Bandara Iskandar Pangkalan Bun dengan cekatan langsung mengkarantina.

Pihaknya juga berharap agar dilakukan tracking kepada beberapa penumpang yang satu pesawat dengan penumpang yang positif Covid-19 . (Yus)

Leave A Reply

Your email address will not be published.