Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Limbah PT AKPL Diduga Bocor, Ribuan Ikan Mati di Sungai Tilap

0 276
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, KOTIM – Ribuan ikan ditemukan mati di Sungai Tumbang Tilap, Selasa (22/12/2020). Kematian ikan ikan ini diduga karena kebocoran limbah pabrik PT Agro Karya Prima Lestari (AKPL).

“Kami kaget melihat banyak ikan mati dan mengapung di pinggiran sungai. Setelah ditelusuri diduga itu efek dari bocornya limbah PT AKPL, kami berharap agar pemerintah dan badan lingkungan hidup segera menindaklanjuti,” kata salah seorang warga sekitar Sungai Tilap, Ahmad.

Di tempat berbeda Anggota DPRD Komisi II Fraksi PKB M Abadi kepada awak media menjelaskan, pihak eksekutif dan legislatip akan segera menelusuri kasus tersebut. Sejauh ini kata dia belum ada simpulan soal kematian ikan ikan itu.

” Sesuai undang -undang 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup seuai pasal 99 setiap orang karena kelalaiannya yang mengakibatkan dilampuannya baku mutu air, dan pasal 100 setiap orang yang melanggar baku mutu air limbah dipidana penjara paling lama 3 tahun. Mengingat pencemaran limbah ini bisa bahaya bagi makhluk hidup dan bagi masyarakat pengguna sungai ini,” pungkas M Abadi. (Adrianus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.