Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Langganan Banjir, Jalan Bukit Rawi Jadi Perhatian PUPR

0 118
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PULANG PISAU – Banjir yang setiap tahun menggenangi sekitar lokasi Pile Slab di Jalan Bukit Rawi membuat area sekitar ruas jalan tergerus dan rusak. Dalam beberapa tahun terakhir ini, terus dikebut pembangunan jembatan layang untuk membantu akses perjalanan dan juga memberi kenyamanan kepada masyarakat.

Pasca banjir beberapa waktu yang lalu, pihak Balai Jalan Nasional tengah melakukan rekondisi jalan secara bertahap sesuai dengan arahan yang sudah disampaikan di peninjauan sebelumnya.

Dinas PUPR Kalteng juga terus melakukan koordinasi dalam upaya penanganan serta pengawasan, sehingga pemerintah dapat memberikan percepatan penanganan.

Iklan Ramadan BPN

“Waktu banjir, kami diperintahkan oleh Gubernur untuk memantau lokasi banjir di Bukit Rawi. Bersama pihak Balai, kita kolaborasi dalam upaya penanganan untuk masyarakat agar aman serta perbaikan pasca banjir. Saat ini sudah mulai ditangani pihak Balai. Luar biasa, penanganan rekondisi jalan pasca banjir,” ucap Kadis PUPR Kalteng Shalahuddin, Selasa (20/4/2021).

Saat ini, penanganan pasca banjir di lokasi pile slab bukit rawi berupa perbaikan lapis pondasi agregat Lapis klas A, dimana perbaikan secara bertahap bahu jalan dengan agregat klas S, serta perbaikan aspal dengan CPHMA.

Iklan Travel

Sejumlah titik ruas jalan yang berlubang serta bahu jalan yang tergerus akibat banjir sedang dilakukan penanganan berupa penambalan lubang dan perataan bahu jalan agar aman dilalui.

“Saat ini pasca banjir, kami secara bertahap melakukan rekondisi sambil memantau situasi. Perbaikan sudah dilakukan seperti perbaikan aspal, perbaikan bahu jalan, menutupi lubang dan perbaikan lapis pondasi agregat. Saat ini secara bertahap masih dikerjakan,” kata Ilham Badani, penanggungjawab pelaksana Wilayah III, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Kalteng.

Kita ketahui bersama, di lokasi Bukit Rawi tersebut tengah dikerjakan pengerjaan jembatan layang secara multy years dimana selesai tahun 2022.

Saat ini, terus dikerjakan tiang pancang dan peletakan bagian jalan layang dengan panjang total sekitar 3,1 kilometer, dimana sudah terpancang sudah 1,3 kilometer dan bangunan atas sudah 300 meter terpasang dari pelaksanaan selama 22 bulan dan sudah berjalan enam bulan pelaksanaanya dari anggaran sekitar Rp161 miliar oleh pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR.

Jembatan layang yang terus diperjuangkan oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran beberapa tahun terahir tersebut, saat ini sudah enam bulan pengerjaan dari target 22 bulan.

“Kita juga terus memantau kondisi cuaca dan musim hujan, agar dapat kita siagakan dan evaluasi peningkatan infrastruktur di Kalteng yang menjadi program sekala prioritas Pak Gubernur Sugianto bersama dengan pemerintah pusat, untuk berkolaborasi dan sinergi dalam peningkatan pembangunan di daerah,” pungkas Shalahuddin.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.