Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Lahirkan Banyak Tokoh Berpengaruh, Bangunan Kuno Warga Tionghoa di Kobar Bisa Jadi Ikon Wisata

0 228
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Ragam sejarah sisi kehidupan warga Tionghoa jaman dulu yang bermukim di Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), bakal berpotensi menjadi ikon pengembangan wisata di kelurahan tersebut.

Bupati Kobar Nurhidayah, mengatakan banyaknya bangunan kuno dan eksotis khas warga Tionghoa di Kelurahan Raja Seberang, merupakan potensi wisata yang bakal bisa dikembangkan, Kamis (1/4/2021).

“Contohnya, kata Nurhidayah seperti bangunan tua eks Sekolah Rakyat (SR) yang sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan. Rencananya bangunan tersebut bakal dibuat museum agar bisa di kenang sejarah nya,” katanya.

Iklan Ramadan BPN

Bahkan sekolah rakyat ini pada masa jayanya juga pernah mencetak orang-orang hebat dan berpengaruh, seperti Mukhtarudin yang sekarang duduk di DPR RI, ada Juga Hamdani yang juga mantan anggota DPR RI, satu lagi seorang pengusaha properti sukses di Australia, yakni Iwan Sunito.

Karena, lanjut Bupati, bangunan yang eksotis tersebut bila sudah tua tentunya bisa dimanfaatkan dari sisi sejarahnya, dan nantinya kalau memang museum ini akan berdampak pada perekonomian warga sekitar.

“Untuk masalah kepemilikan aset bangunan itu akan segera kita telusuri. Apakah aset Pemkab Kobar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau sudah beralih fungsi,” sebutnya.

Sebab, menurut Bupati, arah pengembangan potensi wisata di Kelurahan Raja Seberang yaitu menonjolkan ciri khas warga Tionghoa.

“Seperti kita ketahui bersama, dulu di Kelurahan Raja Seberang ini banyak bermukim warga Tionghoa. Nantinya bangunan-bangunan yang ada, akan kita kembangkan menjadi objek wisata yang bisa menambah keragaman khazanah budaya di Kabupaten Kobar,” pungkasnya. (yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.