Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Lagi, Masyarakat Pahirangan Desak PT KMA Serahkan Lahan 420 Hektar

0 155
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, KOTIM – Masyarakat Desa Paharingan, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur kembali mendesak PT Karya Makmur Abadi menyerahkan lahan seluas 420 hektar karena merupakan lahan TORA. Warga mengancam akan melakukan langkah jika tuntutan meréka tak dipenuhi.

Anggota DPRD Komisi II Kotim M Abadi juga meminta PT KMA menyerahkan lahan TORA kepada masyarakat sesuai peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 51 tahun 2016 pasal 5. M Abadi menyebut tuntutan warga harus disikapi PT KMA. Ia mengaku jika tak ada itikat baik dari perusahaan warga akan bertindak sendiri.

“Kami akan melakukan pemortalan jika tidak diserahkan tanah tersebut,” kata salah satu warga Paharingan Riansyah.

TORA adalah salah satu agenda pembangunan nasional yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Selanjutnya dalam Perpres Nomor 45 Tahun 2016 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2017 di mana Reforma Agraria telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas nasional dalam pembangunan di Indonesia.

Hal ini disampaikan sebelumnya oleh Anggota DPR-RI Komisi IV Dapil Kalimantan Tengah Fraksi Demokrad Bambang Purwanto.

“Sudah turun progran TORA untuk melegalkan ladang usaha tani peladang, dan secara bertahap harusnya direspons oleh kepala Dldaerah. Program itu karena saya usulkan memang untuk masyarakat peladang,” katanya. (Adrianus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.