Intim News
Portal Berita Politik & Ekonomi Terpercaya

KPU Palangka Raya Tetap Target 79 Persen Partisipasi Pemilih

0 146

PALANGKA RAYA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak temasuk Kalimantan Tengah dipastikan akan digelar pada 9 Desember 2020. Kepastian tersebut setelah terbitnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020.

Dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tersebut dijelaskan dalam pasal 8B bahwa Pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena terjadi bencana nonalam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Syairi Abdullah membenarkan kalau tahapan pilkada yang sebelumnya dihentikan karena Pandemi Covid-19 akan dilanjutkan kembali. “Ini setelah ada ketetapan dari pusat,” jelasnya.

Tentunya kata Syairi Abdullah, ada beberapa perbedaan pelaksanaan Pilkada tahun ini. Pasalnya pelaksanaan Pilkada yang akan digelar secara serentak pada 9 Desember 2020 akan menggunakan standar protokol kesehatan.

“Seluruh tahapan, program, dan jadwal Pemilihan serentak lanjutan harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” katanya.

Lebih lanjut Syairi mengatakan kalau meskipun pilkada digelar di tengah Pandemi Covid-19, pihaknya tetap menarget partisipasi pemilih diangka 79 persen untuk Kota Palangka Raya.

Iklan Duka Cita

Untuk mencapai itu, KPU akan melakukan terobosan dan strategi sosialisasi untuk menarik minat masyarakat dalam mensukseskan Pilkada tahun 2020.

“Mungkin itu target yang cukup tinggi, tapi Insya Allah kita akan maksimalkan semuanya agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya di TPS nanti,” tegasnya. (din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.