Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

KPU Kobar Akui Penggunaan Sirekap di Pilkada Masih Terlalu Dini

0 22
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawarngin Barat (Kobar), Chaidir, mengakui ada tantangan terkait penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi secara elektronik (Sirekap) di Pilkada Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020. Sistem ini dinilai masih terlalu dini.

“Memang usaha teknis kita mendapatkan hasil dengan teknologi juga diimbangi kemauan cepat menyiapkan segala hal bersifat teknis. Maka saya bagi tantangan menjadi tiga klaster,” katanya, Rabu (18/11/2020).

Tantangan pertama adalah regulasi. Chaidir menilai hukum dan teknis penggunaan Sirekap harus beriringan dan tidak boleh melebihi salah satunya. Inovasi boleh namun hukum tetap menjadi panduan atap tertinggi.

Iklan Tengah Berita KPU

“Ketika masih berdebat soal regulasi, maka ini berpotensi disoal banyak pihak,” ujar Chaidir kepada intimnews.com.

Tantangan kedua adalah sisi teknis, kata Chaidir, sudah menyiapkan terkait lokasi TPS yang terkendala sinyal dan listrik dalam penggunaan Sirekap. Berdasarkan hasil pengawasan, terdapat beberapa TPS yang terkendala sinyal dan juga yang terkendala listrik.

Tantangan ketiga adalah sumber daya manusia. Chaidir mengatakan dengan Sirekap disepakati sebagai alat bantu mempublikasikan hasil perolehan suara di Pilkada 2020, maka pembebanan ke jajaran penyelenggara di bawah harus diukur kembali.

Sebab, menurut Chaidir, penggunaan Sirekap di Pilkada Kalteng 2020 tentunya akan menambah pekerjaan terhadap jajaran KPU Kobar di bawahnya yang juga harus melakukan rekapitulasi secara manual.

“Kita harus beri ruang dan batasan agar tidak terlalu berat beban penyelenggaranya,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah serta KPU dan Bawaslu menyepakati hasil resmi penghitungan dan rekapitulasi suara Pilkada 2020 didasari oleh berita acara dan sertifikat hasil penghitungan dan rekapitulasi manual. Adapun Sirekap hanya merupakan uji coba dan alat bantu penghitungan dan rekapitulasi, serta untuk publikasinya. (Yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.