Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Kotim Luncurkan Program CFW – Padat Karya Tunai, Berikut Tujuannya

0 122
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) meluncurkan secara resmi bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) Kegiatan Cash For Work (CFW) Padat Karya Tunai tahun 2021 di aula kelurahan Ketapang, Kecamatan MB Ketapang, Sampit.

Peluncuran itu dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Irawati dengan didampingi Asisten 1, Sutimin dan sejumlah jajaran pemerintah kecamatan maupun kelurahan.

Dalam kesempatan itu, Irawati menyampaikan bahwa saat ini pandemi Covid-19 tengah melanda sehingga berdampak pada berbagai aspek seperti ekonomi, sosial dan budaya. Serta kesejahteraan masyarakat.

Iklan Ramadan BPN

Kotaku sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan peduli terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. “Atas nama pemerintah daerah Kotim mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kotaku dengan program-porgram yang dilaksanakan,” beber Irawati, Kamis 29 April 2021.

Dilanjutkannya, dengan adanya kebijakan tersebut berdampak pada penghidupan rumah tangga. Terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah serta mempengaruhi terhadap jadwal dan kebijakan implementasi dari kegiatan program kotaku.

Iklan Travel

“Sehubungan dengan kondisi tersebut kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat dengan mempertimbangkan dampak pandemi Covid-19 yang luas lagi serta mendukung program pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Irawati akan memulai upaya mitigasi menghadapi Covid-19 dengan memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok berpenghasilan rendah melalui skema padat karya tunai (PKT) atau Cash For Work tanpa terkecuali di Indonesia termasuk di Kotim.

“Salah satu kebijakan pemerintah alam menaikan tingkat ekonomi adalah program tersebut. CFW disalurkan melalui BKM untuk membiayai para tenaga kerja gang diikutkan dalam pekerjaan ringan infrastruktur berbasis masyarakat. Upah kerja nantinya diharapkan meningkatkan ekonomi keluarga dan daya beli,” demikian Irawati

Adapun tujuan diluncurkannya program tersebut adalah untuk :

  1. Memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan masyarakat yang mengalami penurunankehilangan pendapatan.
  2. Memulihkan perekonomian masyarakat untuk mempercepat pemulihan kondisi sosial dan ekonomi pasca Covid-19 , khususnya di perkotaan.
  3. Membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan daya beli masyarakat terdampak Covid 19
  4. Terpeliharanya dan berfungsinya aset infrastruktur melalui pemeliharaan dan perbaikan yang dibangun program kotaku maupun program kotaku maupun program infrastruktur berbasis masyarakat (ibm) lain melalui swakelola masyarakat ( bkm/lkm) berbasis masyarakat (ibm) lain melalui swakelola masyarakat (bkm/lkm).

Alokasi dana CFW di Kotim sebesar sembilan ratus juta rupiah yang tersebar di kelurahan Ketapang, MB Hilir dan MB Hulu. Dengan masing-masing kelurahan mendapatkan bantuan tiga ratus juta rupiah. Bantuanpemerintah untuk masuarakat program kota tanpa kumuh kotaku tersebut digunakan untuk pemeliharaan tingai sampai sedang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.