Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Kotim Daerah Rawan Karhutla Karena Struktur Tanah Gambut

0 69
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Dandim 1015 Sampit, Letkol Czi akhmad Safari mengatakan bahwa Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) seluruh daerahnya rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Saat ini kita lebih intens memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Serta melakukan pencegahan sedini mungkin. Seluruh daerah di Kotim itu rawan Karhutla karena hampir 70 sampai 80 struktur tanahnya gambut,” kata Safari, Senin 22 Februari 2021

Menurutnya, saat ini pihaknya bersama Polri selalu siaga untuk mencegah Karhutla. Pada awal tahun ada terpantau hot spot, namun sampai saat ini ada 20 titik daerah kecamatan Antang Kalang, Namun tidak ada api.

Struktur tanah gambut menurutnya jika musim kemarau atau intensitas hujan rendah, maka tanah tersebut akan mudah terbakar. Dengan karakternya yang khas, gambut bisa menyimpan bara api hingga kedalaman tertentu yang berupa serpihan sisa kayu dengan keberadaan oksigen di ruang pori gambut tersebut. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.