Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

Kodim 1012/Buntok Bangun Kebun Percontohan Tanpa Membakar

0 57
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di wilayah serta mengatasi dampak pandemi Covid-19, TNI-Polri dalam hal ini Kodim 1012/Buntok dan Polres Barito Selatan bekerja sama membangun kebun percontohan di lahan milik Kodim 1012/Buntok. Kebun hasil sinergitas TNI-Polri ini dinamakan “Pasada 2000”.

Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi bersama Kapolres Barito Selatan, Kapolres Barsel AKBP Devi Firmansyah, pagi tadi berkesempatan meninjau langsung penyiapan lahan yang dilakukan oleh personel Kodim 1012/Btk dan Polres Barsel serta masyarakat, Sabtu 20 Juni 2020.

“Alasannya kebun dinamakan Pasada 2000, nama ini diambil dari kata Parikesit dan Sada. Parikesit merupakan nama alumni Akmil tahun 2000 dan Sada singkatan dari Sanika Satyawada yang merupakan nama alumni dari Akpol tahun 2000,” kata Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi.

Iklan Tengah Berita KPU

Dia menjelaskan kebun ini juga memiliki motto yaitu “Andri TNI-Polri Takam Masyarakat Marauh dan Corona Nempat. Motto ini diambil dari bahasa dayak yang artinya Bersama TNI-Polri, masyarakat makmur dan Corona kabur.

Letkol Inf Tuwadi yang juga alumni Akmil 2000 ini mengatakan, kebun percontohan ini merupakan wujud kekompakan TNI-Polri di Barsel dalam rangka mendukung ketahanan pangan.

“Selain itu tujuannya adalah untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang membuka lahan dengan tidak membakar,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, kebun percontohan ini memanfaatkan lahan milik Kodim seluas 2 hektar. Yang rencananya akan ditanami hortikultura seperti lombok, timun, tomat, semangka, terong, bayam, jagung seledri, wortel, kangkung dan lain sebagainya. “Nanti hasilnya bukan saja untuk kami, hasil panennya akan kita bagikan juga kepada masyarakat,” pungkasnya. (Hardi)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.