Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Kobar siapkan 22 Faskes untuk Vaksinasi, Besok Pencanangan Serentak

0 18
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) menyiapkan 22 fasilitas kesehatan untuk pelaksanakan vaksinasi tahap pertama. 22 faskes ini tersebar di beberapa wilayah.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, Jhonferi Sidabalok mengatakan, fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi ada sebanyak 22 faskes yang terdiri dari seluruh puskesmas, seluruh rumah sakit, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Ia menegaskan untuk pelaksanaan perdana vaksinisasi direncanakan pada tanggal 13 Januari 2021. Ini oleh Presiden Republik Indonesia. Sementara pada 14 Januari 2021 akan dilakukan pencanangan serentak di Kalteng dan termasuk di Kobar.

Kata Jhonferi, semua tatanan sudah dilaksanakan dan sedang dilaksanakan. Termasuk pelatihan kepada nakes yang bertugas melaksanakan vaksinasi.

“Intinya kita saat ini masih menyiapkan SDM dan segala fasilitasnya dan persiapan pelaksanaannya,” ujarnya.

“Pelaksanaan vaksinasi ini belum ada instruksinya, dan selanjutnya ditentukan by sistem, jadi di seluruh Indonesia ini kalau sistemnya tidak buka oleh pusat maka pelaksanaannya tidak akan bisa, sehingga kita belum bisa membuat jadwal,” tegasnya.

Dijelaskannya untuk vaksin dan imunisasi di Dinkes Kobar penyimpanannya sudah tertata dengan baik sesuai standar. Menurut Jhonferi, penyimpanan vaksin bukan hal yang baru.

“Karena setiap bulan dilakukan imunisasi rutin di Kobar. Bahkan hingga tingkat puskesmas, serta ditetapkan dengan surat keputusan (SK) Kepala Dinas Kesehatan,” pungkasnya. (yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.