Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Kisah Heroik Tim Evakuasi Korban Tambang Emas di Pangkut

0 1.567
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, KOBAR – Tim SAR Gabungan kesulitan mengangkat jenazah korban tambang emas di desa Sungai Seribu Rt 6, Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), lantaran medannya cukup berat.

Setelah mendapatkan 3 jenazah, mereka harus mendapatkan 7 korban lagi yang masih masuk dalam lubang sedalam 65 meter, Sabtu (21/11/2020).

Agus Haryono Kasubdit Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi Bazarnas Pusat, mengatakan, kondisi ke 7 jenazah masih didalam kondisi situasi yang sulit, kita terus berusaha sambil berkoordinasi dengan forkompinda dan Pemerintah Daerah.

“Untuk mencapai kedalaman lubang sangat berbahaya karena harus melewati lubang kecil di antara lubang horisontal dengan berpegangan ke karmantel (tali),” kata Agus Haryono.

Ia pun merasa ngeri melihat medan untuk mencapai lubang kecil tersebut yang jauh dari pikirannya saat memutuskan menjadi tim pengangkat jenazah yang berhasil dievakuasi dari lubang tambang emas.

“Bayangkan saja, mereka yang berada di dalam lubang kecil harus melewati jalan kecil di antara horizontal,” ucapnya.

Selain itu, untuk mencapainya sangat sulit karena saat turun harus memutar ke tempat aman terlebih dahulu sehingga tidak bisa langsung ke lokasi yang dituju.

Tim SAR gabungan dari Basarnas Kalimantan Tengah Kemudian dari TNI-Polri kemudian juga DPD dengan para pekerja tambang terus berusaha.

Memang para penambang ini yang mengetahui persis medan tersebut bentuk dari lubang galiannya, mereka sudah tidak sanggup, hari ini kita lihat lagi perkembangannya, kata Agus Haryono.

Kita coba turunkan untuk langsung mengecek bentuknya dengan sistem sisinya kita turunkan tim dengan peralatan, penyelamatan di ruang terbatas jadi yang kita sudah siapkan alat-alatnya, terang Agus.

Lanjut Agus, kita coba lagi namun kalau masih sulit kita koordinasi kan dengan pemerintah daerah seperti apa kelanjutan nya, imbuhnya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.