Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Jokowi Keluarkan PP Tentang Upah, DPRD Minta Pemkab Kotim Koordinasi

0 133
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan rumus baru untuk menghitung upah minimum pekerja/buruh melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Aturan itu merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 Cipta Kerja.

“Saya berharap agar pemerintah daerah segera berkoordinasi sehingga bisa membantu kesejahteraan masyarakat dan membangun ekonomi yang lebih baik di Kotim,” kata Wakil Ketua DPRD Kotim Rudianur.

Dari informasi yang dihimpun intimnews.com, sesuai Pasal 26(3) RPP Pengupahan, batas atas upah minimum merupakan acuan nilai upah minimum tertinggi yang dihitung menggunakan variabel rata-rata konsumsi perkapita dan rata-rata banyaknya Anggota Rumah Tangga (ART) yang bekerja pada setiap rumah tangga.

Sementara, batas bawah upah minimum merupakan acuan upah minimum terendah yang besarannya 50 persen dari batas atas upah minimum.

Kemudian, nilai batas atas dan batas bawah bersama variabel pertumbuhan ekonomi dan inflasi provinsi digunakan untuk menghitung formula penyesuaian nilai upah minimum. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.