Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

Jaga Ketahanan Pangan, Warga Desa Terisolasi Bercocok Tanam di Lahan Kosong

0 176
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Warga Dusun Tonam, Desa Rangda, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng, memanfaatkan lahan kosong di sekitar wilayahnya untuk bercocok tanam. Pemanfaatan lahan ini guna membantu menjaga ketahanan pangan selama pandemi.

Kepala Desa Rangda Muhammad Umar mengatakan, ide tersebut muncul atas keprihatinannya melihat banyak warga yang kehilangan pekerjaan. Sebagian besar warga Rangda berprofesi sebagai nelayan dan buruh.

Ide tersebut kemudian ia sampaikan kepada tokoh masyarakat di pedukuhan setempat dan mendapatkan tanggapan positif.

Iklan Tengah Berita KPU

“Warga kemudian bergotong royong mengolah lahan yang tidak digunakan menjadi lahan pertanian. untuk membantu menjaga ketahanan pangan selama pandemi,” kata Kades Rangda Muhammad Umar, Rabu (18/11/2020).

Warga yang bercocok tanam ini berada di Rt 04 Dusun Tonam Desa Rangda. Kebetulan, di dusun tonam ini masih banyak lahan kosong yang bisa digunakan warga untuk bercocok tanam sayur mayur.

Menurut Umar, sayur mayur ini hampir setengah bulan sekali warga memanen. Dan telah menghasilkan beberapa jenis tanaman seperti terong, tomat, kacang panjang, mentimun dan masih banyak yang lainnya.
Menurut Kades, panennya sesuai siklus tanam bibit sayurnya dengan sistem rotasi.

Sementara ini hasil panen sayur dijual di desa, dan juga di distribusikan ke Camp atau Afdeling karyawan di perusahaan di sekitaran Desa Rangda.

“Harapan kami pemdes Rangda, agar jalan tembus Rangda – Km 20 kolam yang saat ini dalam tahap pengerjaan cepat terealisasi, agar nantinya dengan akses jalan yang terbuka warga bisa menjual hasil hasil usaha masyarakat khususnya hasil kebun dan sayur mayur ini bisa di jual ke pasar pangkalanbun dengan harga bersaing,” pungkasnya. (Yus)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.