Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati
Satpol PP

Inilah Waktu Terbaik untuk Memeluk Anak

0 83
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM – Pelukan adalah salah satu cara yang bisa orang tua lakukan untuk menunjukkan kasih sayang pada anak. Selain mampu menyalurkan rasa cinta, berpelukan dengan orang tua juga bermanfaat untuk si kecil.

Menurut penelitian, berpelukan selama 20 detik setiap harinya bisa membuat anak lebih cerdas, sehat, bahagia, dan semakin menguatkan ikatannya dengan orang tua. Tak hanya itu, pelukan dapat mengaktifkan hipotalamus di dalam otak sehingga mengeluarkan hormon oksitosin yang bisa membuat anak lebih tenang, dan psikologisnya stabil.

Anda bisa memeluk anak setiap saat kapan pun si kecil merasa nyaman. Namun dilansir Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada beberapa momen tertentu yang dinilai jadi waktu terbaik untuk memeluk anak.

Iklan Tengah Berita KPU

1. Saat Anak Bangun Tidur
Saat bangun pagi anak biasanya masih terlihat lesu, malas, atau bahkan bingung. Sebuah pelukan dari ibu atau ayahnya dengan diiringi senyuman, mampu membangkitkan semangat anak dalam memulai harinya. Sehingga si kecil lebih ceria dan tanpa beban melakukan berbagai kegiatan.

2. Berangkat dan Pulang Sekolah
Berangkat dan pulang sekolah adalah waktu yang tepat untuk memeluk anak, Moms. Misalnya saja ketika mengantar anak ke sekolah, akhiri pembicaraan Anda dengan memeluk anak. Hal tersebut akan membuat anak merasa dicintai dan bisa mengurangi stres saat di sekolah.

Sementara ketika pulang sekolah, sambutlah si kecil dengan pelukan dan ciuman di kening. Waktu ini adalah momen yang akan selalu diingat anak dan rasa lelahnya setelah belajar di sekolah pun hilang.

3. Saat Orang Tua Pulang Kerja
Anak mungkin mengharapkan orang tuanya akan selalu ada setiap waktu untuknya. Namun untuk orang tua yang bekerja di luar rumah, hal tersebut tentu tak bisa dilakukan. Pelukan saat Anda pulang kerja akan membuatnya senang, Moms. Selain itu, pelukan ini bisa mengurangi rasa bersalah kita sebab banyak waktu terlewatkan bersama anak karena bekerja. Mesk begitu, pastikan Anda sudah mencuci tangan dan membersihkan diri sebelum memeluk anak ya.

4. Saat Beraktivitas Bersama
Pelukan pada anak juga bisa diberikan saat sedang melakukan aktivitas bersama. Seperti memberikan pelukan ketika anak bisa menjawab pertanyaan saat belajar, atau setelah selesai salat berjamaah. Hal ini bisia menjadi motivasi anak agar lebih giat belajar dan rajin salat.

5. Ketika Anak Marah atau Sedih
Pelukan terbukti mampu membuat perasaan menjadi lebih baik, sehingga mengurangi kesedihannya bahkan meredakan marahnya. Pelukan sekaligus menunjukan bahwa orang tua selalu ada setiap anak membutuhkan dukungan.

6. Momen Istimewa Anak
Jangan lupa untuk selalu memberikan pelukan saat anak melewati momen bahagi dan penting di hidupnya. Seperti saat ulang tahun atau mendapatkan prestasi di sekolah.
Memberikan pelukan ketika anak melakukan suatu kebaikan, diiringi ucapan terima kasih dan pujian juga akan membuat si kecil lebih bersemangat, serta dihargai usahanya, Moms.

7. Sebelum Tidur
Anak-anak cenderung tidak suka jika disuruh tidur. Karena tidur akan membuat mereka berpisah dengan orang di sekitarnya, terutama orang tuanya. Tapi sebuah pelukan akan membuat mereka nyaman dan bisa tidur nyenyak. Bahkan pelukan saat tidur juga bermanfaat, sebab saat itu anak dalam kondisi alpha, yaitu kondisi di mana anak bisa menerima rangsangan yang positif. (int)

Iklan Tengah Berita KPU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.