Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Industri Hilir Kotim Menjanjikan, Darmawati: Butuh Peran Pemerintah

0 110
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Membangun sektor industri di bagian hilir menjadi tantangan tersendiri bagi Kotawaringin Timur. Karena itu pemerintah daerah harus didorong meningkatkan sistem industri untuk kebangkitan ekonomi masa depan.

Ketua Komisi II DPRD Kotim Hj Darmawati mengatakan, sistem industri yang dibangun dari hilir akan memberi rangsangan bagi ekonomi di masa kini.

“Daerah kita ini membutuhkan lebih banyak industri hilir untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan daerah. Selain nilai ekonomi, hasil produk menjadi meningkat, industri hilir juga membawa dampak positif seperti penyerapan tenaga kerja dan peningkatan penyerapan bahan baku lokal sampai sejauh ini,” kata Darmawati, Kamis (14/1/2021).

Kabupaten Kotawaringin Timur masih sangat kaya akan sumber daya alam dan potensi lainnya yang menjanjikan. Mulai dari perkebunan kelapa, kelapa sawit, karet, rotan, padi, jagung, singkong, dan bahkan produk lokal lainnya.

Darmawati menyampaikan, penyerapan bahan mentah oleh industri hilir atau pabrik juga dipastikan akan jauh lebih tinggi jika operasionalnya berada di Kotawaringin Timur.

“Memang kajian kami di Komisi II sejauh ini produk-produk tersebut umumnya dijual ke luar daerah dalam bentuk mentah maupun setengah jadi. Jika ada industri hilir seperti pabrik milik daerah sendiri tentunya ekonomi kita secara keseluruhan akan meningkat dengan pesat, pengangguran juga berkurang,” katanya.

Darma juga menegaskan dalam membangun pabrik di Kotim, Pemkab juga harus membina petani dan perajin dan menggandeng para investor untuk ke depannya. (Adrianus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.