Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Imigrasi Sampit Sisir Perusahaan Cari Tenaga Kerja Asing

0 49
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Untuk memastikan Orang Asing berada dan tinggal di Indonesia sesuai dengan ketentuan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit pengegakan hukum dan pengawasan keimigrasian.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit melaksanakan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing (OA) terhadap perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Tim Operasi Gabungan Pengawasan terdiri dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit sebagai Ketua Tim Operasi bersama dengan Polres Kotim, Kejaksaan Negeri Kotim, Disnakertrans Kotim, Badan Kesbangpol Kotim, Disdukcapil Kotim, Bea Cukai Sampit, serta TNI.

Iklan Ramadan BPN

Tim Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing akan menyasar perusahaan yang mempekerjakan TKA yaitu PT. Indobalambit yang berlokasi di Kamp Bagendang Hilir, Kec. Mentaya Hilir Utara, Kab. Kotawaringin Timur, Prov. Kalimantan Tengah.

Dalam arahan kepala Imigrasi Sampit, Bugie Kurniawan, dirinya menyampaikan agar seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan baik sebagai bentuk  pelayan masyarakat demi tegaknya hukum dan menjaga kedaulatan negara walaupun di tengah pandemi seperti sekaran ini.

Lebih lanjut  dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Dalam pelaksanaan di lapangan, Tim Operasi Gabungan menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan adalah untuk mengecek keberadaan atau kegiatan orang asing dan kelengkapan dokumen perjalanan atau Izin Tinggal Orang Asing di PT. Indobalambit,” katanya.

Lenjut Nugie, perusahaan dalam hal ini bersikap kooperatif dan hasil pemeriksaan tidak ditemui adanya penyalahgunaan keimigrasian terkhusus Izin Tinggal Orang Asing sebagai TKA.

“Data yang didapat di lapangan, PT. Indobalambit mempekerjakan 2 Orang Asing sebagai Tenaga Kerja Asing (TKA) berkewarganegaraan Malaysia dan memiliki Izin Tinggal sesuai dengan peruntukan yaitu untuk bekerja,” ungkapnya, Sabtu 20 Maret 2021.

Dalam kesempatan yang sama, manajer perusahaan PT. Indobalambit, Teng Siong Eng juga mendampingi tim berkeliling ke lokasi workshop untuk melihat aktivitas para pekerja perusahaan yang menjalankan bisnis di bidang pengolahan kayu tersebut.

Kegiatan Operasi Gabungan ini dimaksudkan guna pemantauan kegiatan Orang Asing dan pemeriksaan dokumen keimigrasian Orang Asing yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Disamping itu, sebagai wujud pelaksanaan kerjasama guna meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar instansi dalam pemeriksaan dan pengawasan Orang Asing. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.