Ultimate magazine theme for WordPress.

Harga Emas Turun Perlahan

0 15
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Dampak Covid-19 berpengaruh terhadap segala sektor penopang perekonomian. Seperti transaksi jual beli emas di beberapa toko emas di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, saat ini diramaikan dengan penjualan emas atau perhiasan milik warga.

“Karena harganya masih tinggi dan memang sekarang lagi perlu modal usaha dan kebutuhan sehari-hari terpaksa saya jual,” ungkap Aisyah (38) warga Ketapang, usai menjual perhiasan, Minggu 1 November 2020.

Menurutnya, saat membeli setahun lalu, harga cincin emas jenis 999 miliknya seberat 10 gram masih berkisar Rp 700.000 per gram. Selain untung memakai perhiasan, keuntungan dari penjualan juga didapat meski sedikit.

“Pendapatan sekarang berkurang karena usaha juga turun. Jadi mumpung harganya masih tinggi yang saya jual. Nanti pastinya ya beli lagi kalau harga emas turun dan keadaan sudah normal kembali,” jelasnya.

Banyaknya warga menjual kembali emas perhiasannya menjadi tren tersendiri selama pandemi Covid-19. Hal ini diakui H. Sani, pemilik toko perhiasan Mitra Baru di PPM Sampit.

Menurutnya sangat wajar karena harga emas masih tinggi meski beberapa kali mengalami fluktuasi. Bahkan selama oktober tercatat tiga kali mengalami penurunan harga.

“Semenjak pandemi Covid, kita membeli perhiasan warga cukup banyak, bahkan bisa dikatakan naik hampir 50 persen. Umumnya perhiasan, biasanya yang modelnya sudah ketinggalan dan masyarakat menunggu harga turun untuk dibeli kembali,” katanya.

Banyak warga yang memilih menjual emasnya untuk membayar kebutuhan sehari-hari ditengah kondisi ekonomi yang sulit karena Covid-19, sementara harga emas yang melonjak selama pandemi Covid-19 membuat menurunnya penjualan perhiasan emas. Disisi lain kondisi ekonomi membuat banyak warga menjual emas perhiasan miliknya.

Diterangkan, meski sedikit mengalami kelesuan, transaksi jual beli emas saat ini masih cukup stabil. “Harga emas atau perhiasan , kadar 24 karat per gramnya mencapai Rp910 ribu, kadar 70 persen Rp720 ribu dan kadar 42 Rp470 ribu,” ungkap H. Sani.

Berikut catatan harga emas perhiasan di PPM Sampit, per 1 Oktober 2020 :

Emas jenis 999 (emas amerika) Rp 910.000.
Emas jenis 750 (emas putih) Rp 825.000.
Emas jenis 700 (emas singapore) Rp 720.000.
Emas jenis 420 Rp 420.000.
Emas jenis 375 Rp 430.000.

(Junus-BS)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.