Ultimate magazine theme for WordPress.
iklan bupati

Gelombang Kedua Corona, Sulsel Terancam Kembali ke Zona Merah

0 18
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM, MAKASSAR – Masyarakat tengah menghadapi serangan gelombang kedua pandemi Corona. Di Sulsel sejumlah daerah yang menjadi titik episentrum kembali terancam masul zona merah.

“Kita mewaspadai libur akhir tahun yang bisa menjadi klaster baru. Jika masa libur ini tak diperketat bisa memicu penyebaran dan kita bisa kembali ke zona merah,” ujar Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, Kamis (17/12/2020).

Menurut Rudy, kasus Corona sempat malandai akhir Oktober lalu. Namun angkanya kembali signifikan sejak November.

Situasi ini diperparah oleh kian longgarnya protokol kesehatan di masyarakat. Masyarakat dinilai mulai abai terhadap ancaman pandemi dan mulai terjadi aktivitas yang menimbulkan kerumunan.

Sementara di Toraja Utara, pemerintah daerah menerapkan protokol kesehatan ketat demi menekan angka penyebaran virus yang diprediksi lebih eskalatif.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan cara jaga jarak, pakai, masker, tidak membuat kerumanan, dan rajin cuci tangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara Elizabeth R Zakaria, Kamis (17/12/2020/).

Menurut Elizabeth, tingkat kepatuhan pada prokes masih rendah. Padahal pemerintah telah berupaya mengampanyekan bahaya Corona sejak Maret lalu.

Ia juga mengatakan, masyarakat sudah dibagikan masker secara gratis. Namun kebanyakan masker tersebut tidak digunakan. Justru disimpan di rumah atau dikantongi saat bepergian.

“Pemda Torut juga sudah mengeluarkan surat ederan, untuk memutus mata rantai Covid-19. Kami sudah rangkul masyarakat untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan, namun sebagian ada yang bandel, tidak mau mendengar,” bebernya.

Saat ini menurut Elizabeth, masyarakat Indonesia tengah menghadapi serangan gelombang kedua Corona. Angka kasus positif terus bertambah dan masyarakat diharapkan tidak abai dengan peringatan tersebut.

Dalam dua pekan terakhir angka kasus di Sulsel naik di atas 200 kasus per hari. Melihat kurva penyebaran pada wilayah episentrum, sejumlah daerah kini terancam kembali ke zona merah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.