Ultimate magazine theme for WordPress.

Eks Lokalisasi Kalimati Akan Disulap Jadi Desa Santri

0 690
WAROUENG SOELTAN PANJANG

INTIMNEWS.COM. PANGKALAN BUN – Ada suasana berbeda dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Satu desa di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, bakal ditetapkan jadi Desa Santri. Wilayah yang dimaksud yakni Kalimati Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan.

Hal ini diucapkan langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, saat memberikan sambutan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Pondok Mistahul Ulum, Jalan Utama Kumpai batu atas Kalimati lama rt 04 Pasir Panjang, Selasa 10 November 2020. “Pada Tahun 2021 nanti penetapan Desa Santri itu bakal kita tetapkan,”kata Bupati.

Menurut Bupati, masyarakat di Kotawaringin Barat apabila menyebut nama Kalimati pasti arahnya sudah berbeda, dulu Kalimati dikenal tempat lokalisasi, namun nanti akan kita rubah menset masyarakat, bahwa Kalimati akan menjadi Desa Santri.

Iklan Ramadan BPN

Alasan bakal ditetapkan menjadi Desa Santri karena sesuai dengan program Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. “Programnya bagus dan terbukti bahwa banyak pondok pesantren yang tersebar, walau masih kurang maksimal, nah untuk kedepan akan kita maksimalkan,” terang Nurhidayah.

“Kalimati punya pesantren dan semoga banyak melahirkan para kiai dan santri yang banyak berkontribusi kepada negara dan bangsa Indonesia,” jelas Nurhidayah.

Menurut Bupati Wanita Pertama di Kalimantan Tengah ini, kedepanya juga akan didirikan sekolah keagamaan yang lebih mumpuni.

“Dengan bakal ditetapkannya menjadi Desa Santri, saya berharap, kedepannya Kalimati menjadi contoh di Kabupaten Kobar, khususnya bagaimana pesantren dan masyarakat bersinergi menjadi satu kultur dan nilai-nilai kepesantrenan dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Karena jelas Nurhidayah, Indonesia akan maju jika pembinaan akhlak menjadi prioritas.
“Termasuk dalam dunia pendidikan modern. Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang mengedepankan akhlak dalam pendidikan karakter menjadi salah satu solusi bahwa pendidikan bukan hanya menguasai pengetahuan saja,” katanya. (Yus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.